Selasa, 7 Desember 2021
Selasa, 7 Desember 2021
More

    Ciri-ciri Wanita Mandul dan Cara Mencegahnya

    Ciri-ciri wanita mandul tidak bisa dilihat secara fisik, namun tanda-tandanya bisa dipelajari untuk kemudian dilakukan pencegahan.

    Penyebab kemandulan pada wanita tidak bisa dideteksi dengan cepat. Namun ada banyak perawatan yang bisa dijalani dan harus diketahui dulu penyebab dari kemandulan tersebut.

    Ada pasangan yang berusaha untuk mendapatkan buah hati. Setelah beberapa perawatan akhirnya bisa juga sang istri hamil. Anda perlu mengetahui ciri-ciri kemandulan sejak dini.

    Ciri-ciri Wanita Mandul

    Siklus menstruasi yang terlalu lama atau terlalu pendek dan tidak teratur, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali berarti Anda tidak berovulasi.

    Padahal Anda perlu berovulasi. Untuk hamil, ovarium Anda harus menghasilkan dan melepaskan sel telur, suatu proses yang dikenal sebagai ovulasi. Dokter Anda dapat membantu mengevaluasi siklus menstruasi Anda dan memastikan ovulasi.

    Siklus haid tidak lancar atau bahkan berhenti bisa jadi salah satu ciri-ciri wanita mandul. Begitupun menstruasi berat bisa jadi tanda kemandulan.

    Saat Anda haid dan terasa sakit bisa juga jadi ciri lain kemandulan. Begitupun jika berat badan Anda naik dengan cepat. Atau tiba-tiba banyak bulu-bulu halus tubuh pada rambut, menjadi pertanda susah hamil.

    Tanda-tanda tersebut berarti ada yang salah dengan hormon yang berpengaruh terhadap proses reproduksi pada tubuh seorang wanita.

    Ciri-ciri wanita mandul selanjutnya bisa dilihat dari kualitas dan kuantitas telur wanita yang mulai menurun dengan bertambahnya usia.

    Pada pertengahan 30-an, tingkat kecepatan kehilangan folikel, menghasilkan telur berkualitas lebih sedikit dan lebih buruk. Ini membuat pembuahan lebih sulit, dan meningkatkan risiko keguguran.

    Seperti telah dijelaskan sebelumnya kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan secara signifikan dapat mempengaruhi ovulasi normal.

    Cara Mencegah Kemandulan

    Bagi wanita yang berpikir tentang hamil segera beberapa tips ini dapat membantu mengoptimalkan kesuburan.

    Pertahankan berat badan normal. Ciri-ciri wanita mandul salah satunya adalah kelebihan berat badan atau Anda terlalu kururs. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, berolahraga secukupnya. Olahraga berat, intens lebih dari lima jam seminggu telah dikaitkan dengan penurunan ovulasi.

    Baca Juga: Sadari, Cara Mendeteksi Dini Kanker Payudara

    Berhenti merokok. Tembakau memiliki banyak efek negatif pada kesuburan, belum lagi kesehatan umum Anda dan kesehatan janin. Jika Anda merokok dan sedang mempertimbangkan kehamilan serta tak ingin jadi wanita mandul, maka berhentilah sekarang.

    Hindari alkohol. Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dan setiap penggunaan alkohol dapat memengaruhi kesehatan janin yang sedang berkembang. Jika Anda berencana untuk hamil, hindari alkohol, dan jangan minum alkohol saat Anda hamil.

    Mengurangi stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang mengalami stres psikologis memiliki hasil yang lebih buruk dengan pengobatan infertilitas. Jika Anda bisa, temukan cara untuk mengurangi stres dalam hidup Anda sebelum mencoba menjadi hamil.

    Batasi kafein. Penelitian menunjukkan bahwa membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 miligram sehari seharusnya tidak memengaruhi kemampuan Anda untuk hamil. Itu sekitar satu hingga dua cangkir kopi 6 sampai 8 ons per hari.

    Terkadang, penyebab dan ciri-ciri wanita mandul tidak pernah ditemukan. Kombinasi beberapa faktor minor pada kedua pasangan dapat menyebabkan masalah kesuburan yang tidak dapat dijelaskan. (GaluhID)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    304PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan