Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Curah Hujan Tinggi, Pemukiman Warga Desa Ciherang Ciamis Terendam Air

Banjarsari, galuh.id – Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Banjarsari Kabupaten Ciamis mengakibatkan debit air sungai Kawasen meluap, Senin (06/01/20).

Sepanjang aliran anak sungai Kawasen yang melintasi area persawahan dan pemukiman warga terendam air.

Kepala Desa Ciherang, Dedi Sugiarto membenarkan adanya musibah banjir yang dialami warganya.

Sebanyak 150 kepala keluarga Dusun Kubangpari terendam dengan ketinggian yang bervariasi. Ketinggian genangan diperkirakan mencapai 30-50 cm.

“Diduga penyebab utama luapan air yang menggenangi sebagian wilayah Ciherang yaitu tingginya curah hujan, pendangkalan dan sampah yang menyumbat aliran sungai,” ujarnya.

Ia mengaku penanggulangan banjir sudah dipersiapkan sebelumnya. Pemerintah desa bersama warga membersihkan parit dan aliran sungai.

Namun banjir tetap terjadi karena daya serap tanah belum maksimal, sehingga air meluap ke daratan.

“Banjir ini merupakan banjir kiriman dari wilayah lain, debit air sudah mulai surut,” ucapnya.

“Selain upaya penanggulangan yang dilakukan pemerintah desa bersama warga melalui kegiatan pemberdayaan secara mandiri dan kontinyu,” katanya.

Kedepan Pemerintah desa akan melakukan kordinasi bahkan intervensi dengan pihak terkait untuk melakukan pengerukan saluran sungai.

“Sungai yang dangkal ini memang sangat berpengaruh terhadap kebanjiran ini, karena ketika debit air naik otomatis meluber ke mana-mana,” ucapnya.

(GaluhID/Yanyan)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,342FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...