Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Curug Dawuan Ciamis, Surga Tersembunyi Bagi Para Petualang

Berita Ciamis, galuh.id – Curug Dawuan merupakan air terjun yang memiliki keindahan yang menarik. Curug tersebut berlokasi di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Berbicara mengenai tempat wisata di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis tentu saja ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi.

Berbeda dengan daerah lain yang mengandalkan potensi wisata alam seperti pantai. Namun jika anda tengah menikmati liburan di Ciamis, maka anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata baru di kota Galendo ini.

Berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Ciamis ke sebelah utara. Anda akan menuju ke sebuah perkampungan yang masih rindang akan pepohonan. Di sinilah destinasi wisata “Curug Dawuan” akan Anda temukan. 

Keindahan Curug Dawuan

Curug Dawuan tersebut terletak di Kaki Gunung Sawal. Letak Geografis yang berbukit dengan suhu udara rata rata 16-17 Derajat Celcius membuat suasana sangat sejuk dan berhawa dingin, meskipun cuaca panas terik.

Untuk menuju air terjun ini dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Bahkan bagi yang mempunyai hobi bersepeda bisa juga menggunakan sepeda gunung untuk menjangkau lokasi.

Tim Mata Nagga yang dikomandoi langsung oleh H. Egy Gilang Gumelar atau yang akrab disapa dengan Mata Nagga mencoba menelusuri keberadaan Curug (air terjun) tersebut, dan hasilnya memang sangat bagus untuk di-explore.

Curug ini cukup unik dan juga memiliki keindahan tersendiri. Sumber air dari Curug Dawuan berasal dari beberapa mata air yang berada di kaki gunung Sawal.

Destinasi wisata di Ciamis ini cocok bagi yang memiliki hobi petualangan, karena medan yang ditempuh melintasi perbukitan. Namun panorama alam hutan hujan tropis Gunung Sawal dan air yang sangat jernih akan membayarnya dengan keindahan yang sepadan.

Dari segi fasilitas memang masih belum memenuhi karena masih dalam penataan pihak karang taruna desa. Dalam waktu dekat, pengelola akan menyediakan fasilitas yang baik untuk memenuhi keperluan para wisatawan.

“Kawasan ini sangat berpotensi untuk mendongkrak destinasi wisata di Kabupaten Ciamis yang tengah lesu karena pandemi Covid-19,” ujar leader tim Mata Nagga.

Di objek wisata Curug Dawuan ini anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup dengan membayar uang parkir saja sebesar Rp. 3.000. Tarif ini berlaku untuk semua jenis kendaraan. (GaluhID/Aris)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Potensi Wisata Kecamatan Banjaranyar Ciamis, Dari Kampung Madu Sampai Air Terjun

Berita Ciamis, galuh.id - Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Banjaranyar sendiri saat ini baru menginjak usia...

Temukan Kami

49,406FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Kebakaran di Banjarsari, Damkar Ciamis Diminta Pulang Lagi

Banjarsari, galuh.id - Kebakaran meluluhlantakkan rumah milik Yaya dan sebagian bangunan bengkel sepeda milik Muhrozi di RT 01/01, Dusun Sukamaju, Desa Banjarsari,...

HUT ke-3 Tahun, Klub Voli Jabar Pancanaka Ciamis Gelar Turnamen Lintas Provinsi

Klub Voli Jabar Pancanaka Ciamis Gelar Turnamen Lintas Provinsi Berita Ciamis, galuh.id - Klub voli Jabar Pancanaka asal...

Kemarau Panjang, Ribuan Warga Ciamis Salat Istisqo

Ciamis, galuh.id - Ribuan warga Ciamis menggelar salat Istisqo di Alun-alun Ciamis, Rabu (18/9/2019). Sebelumnya beredar surat imbauan...

Lawan Pandemi Covid-19, KNPI Ciamis Gelar Diskusi Online

Berita Ciamis, galuh.id - Dalam upaya menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19), DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Diskusi...

6 Sekolah di Ciamis Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Ciamis, galuh.id - Masyarakat Ciamis kini bisa berbangga, pasalnya 6 sekolah yang berasal dari wilayah Kabupaten Ciamis mendapatkan penghargaan tingkat Nasional.