Selasa, 13 April 2021
Selasa, 13 April 2021
BJB

Curug Dawuan Ciamis, Surga Tersembunyi Bagi Para Petualang

Berita Ciamis, galuh.id – Curug Dawuan merupakan air terjun yang memiliki keindahan yang menarik. Curug tersebut berlokasi di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Berbicara mengenai tempat wisata di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis tentu saja ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi.

Berbeda dengan daerah lain yang mengandalkan potensi wisata alam seperti pantai. Namun jika anda tengah menikmati liburan di Ciamis, maka anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata baru di kota Galendo ini.

Berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Ciamis ke sebelah utara. Anda akan menuju ke sebuah perkampungan yang masih rindang akan pepohonan. Di sinilah destinasi wisata “Curug Dawuan” akan Anda temukan. 

Keindahan Curug Dawuan

Curug Dawuan tersebut terletak di Kaki Gunung Sawal. Letak Geografis yang berbukit dengan suhu udara rata rata 16-17 Derajat Celcius membuat suasana sangat sejuk dan berhawa dingin, meskipun cuaca panas terik.

Untuk menuju air terjun ini dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Bahkan bagi yang mempunyai hobi bersepeda bisa juga menggunakan sepeda gunung untuk menjangkau lokasi.

Tim Mata Nagga yang dikomandoi langsung oleh H. Egy Gilang Gumelar atau yang akrab disapa dengan Mata Nagga mencoba menelusuri keberadaan Curug (air terjun) tersebut, dan hasilnya memang sangat bagus untuk di-explore.

Curug ini cukup unik dan juga memiliki keindahan tersendiri. Sumber air dari Curug Dawuan berasal dari beberapa mata air yang berada di kaki gunung Sawal.

Destinasi wisata di Ciamis ini cocok bagi yang memiliki hobi petualangan, karena medan yang ditempuh melintasi perbukitan. Namun panorama alam hutan hujan tropis Gunung Sawal dan air yang sangat jernih akan membayarnya dengan keindahan yang sepadan.

Dari segi fasilitas memang masih belum memenuhi karena masih dalam penataan pihak karang taruna desa. Dalam waktu dekat, pengelola akan menyediakan fasilitas yang baik untuk memenuhi keperluan para wisatawan.

“Kawasan ini sangat berpotensi untuk mendongkrak destinasi wisata di Kabupaten Ciamis yang tengah lesu karena pandemi Covid-19,” ujar leader tim Mata Nagga.

Di objek wisata Curug Dawuan ini anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup dengan membayar uang parkir saja sebesar Rp. 3.000. Tarif ini berlaku untuk semua jenis kendaraan. (GaluhID/Aris)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Ini Aturan Ibadah di Bulan Ramadhan Saat Pandemi di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar rakor tentang pelaksanaan ibadah pada bulan ramadhan bertempat di Aula Setda Ciamis, Senin (12/4/2021). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya...

Webinar Eco-Fest 2021, BEM FE UNIGAL Ciamis Bahas SDGs

Berita Ciamis, galuh.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh (BEM FE UNIGAL) Ciamis menggelar webinar sebagai puncak dari kegiatan Eco-Fest 2021. Acara puncak...

Warga Karyamukti Ciamis Olah Buah Aren Jadi Kolang Kaling

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga masyarakat Desa Karyamukti, Banjaranyar Ciamis, bulan puasa atau ramadhan merupakan bulan berkah. Hal tersebut terlihat ketika mereka sibuk...

Temukan Kami

47,744FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya