Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

DAK untuk Rehab Sekolah di Ciamis Tahun 2021 Capai Rp 49 M

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Pendidikan Ciamis di tahun 2021 kembali mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan SD, SMP dan PAUD di kabupaten Ciamis.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis, Endang, menyampaikan dana sebesar Rp 49 milyar itu penggunaannya untuk proyek pembangunan fisik sekolah.

Mulai dari rehab atau renovasi bangunan sekolah, pembangunan perpustakaan, laboratorium, ruang guru, jamban hingga alat bermain edukatif.

Pada tahun 2020 lalu, Disdik Ciamis melalui data yang diinput dan upload oleh Satdik sudah mengusulkan DAK sesuai dengan kondisi sekolah. Menurut Endang, paling banyak ada pada program rehab.

“Jadi tahun 2020 lalu kita sudah usulkan sesuai dengan kondisi sekolah. Yang paling banyak ada program rehab,” ujar Endang di ruangannya, Selasa (10/8/2021).

Lanjut ia menjelaskan, bantuan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 49 milyar tersebut terbagi untuk 3 sub bidang, yakni SD 26 milyar, SMP 19 milyar dan sisanya untuk sub bidang PAUD.

Berdasarkan data dalam aplikasi Krishna yang selanjutnya diverifikasi lapangan oleh Tenaga Akhli dari PUPR. Kemudian hasil verifikasi dilaporkan ke Kemdikbud sebagai bahan dalam rancangan RK.

Rancangan Kegiatan (RK) sudah disahkan oleh 3 lembaga, yaitu Bappenas, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Keuangan.

Dinas Pendidikan pun tidak bisa mengubah seluruh rancangan yang telah tertera dalam RK dan sudah mendapatkan persetujuan dari 3 lembaga tersebut.

“Semua rancangan kegiatan yang telah tertera dan telah mendapat persetujuan dari 3 lembaga tersebut. Kita Dinas Pendidikan tidak bisa mengubahnya,” ujar Endang.

Nantinya, laporan kegiatan akan direview oleh Inspektorat dan hasil reviu tersebut sebagai bahan laporkan melalui aplikasi OMSPAN di BPKD.

Setelah lapor melalui aplikasi OMSPAM (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara), selanjutnya langsung terhubung atau nge-link ke Kementerian. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan