Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Dampak Corona, PA Ciamis Tak Layani Proses Perceraian

Berita Ciamis, galuh.id – Pengadilan Agama Ciamis sejak Senin (23/3/2020) tak layani proses perceraian. Kebijakan ini diberlakukan selama empat belas hari hingga Kamis (9/4/2020).

Oleh karena itu bagi suami isteri warga Ciamis ataupun Pangandaran yang hendak bercerai tentu harus mengurungkan niatnya. Adapun perkara yang sudah lama, tentu berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Ketua PA Ciamis, Drs H Anang Permana SH MH didampingi Bagian Humas menegaskan perkara lama tentu terus berjalan sesuai jadwal untuk sementara. Sedangkan yang ditunda itu perkara baru.

Selain perkara cerai baru tadi, ada layanan lain yang ternyata dihentikan sementara juga di PA Ciamis. Diantaranya permohonan dispensasi nikah, isbat nikah, permohonan izin poligami dan permohonan lainnya.

Mengenai teknis persidangan perkara cerai lama. Ada beberapa ketentuan yang harus dipahami, terutama berkaitan mencegah penyebaran Covid-19.

Teknis persidangan perkara lama tadi dilaksanakan seperti sidang putusan. Bila ditunda, tentu penundaannya paling crpat dimulai pasca tanggal 9 April 2020.

Mengenai pencegahan bagi setiap individual, khususya pihak yang tergugat di perkara lama. Duduknya akan diberi jarak untuk tidak saling berdekatan. Serta disedikan pula handsanitizer di pintu masuk ataupun di ruangan tunggu.

Sedangkan dalam proses persidangan disampaikan hanya akan diikuti oleh segelintir pihak saja. Khususnya majelis hakim, panitra, tergugat, penggugat, dan saksi. Pengunjung tidak diperbolehkan menghadiri persidangan.

Penutupan layanan ini juga berlaku untuk layanan manual dan online. Hal ini telah diumumkan melalui melalui web dan media sosial PA Ciamis. Serta ditempel informasi di Kantor PA Ciamis, Komplek Perkantoran Kertasari.

Adapun jam layanan juga ternyata berubah. Di kondisi normal layanan dimulai 08.30 hingga 15.00. Sedangkan dalam kondisi darurat pandemi Covid-19 dipersingkat, dari 08.30 sampai 12.00.

Upaya tak layani proses perceraian oleh PA Ciamis tersebut tentu perlu diapresiasi. Sebagai upaya bijak mengungai dampak Corona. (GaluhID/Waskito)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Sidak Bupati Ciamis ke Banjarsari: Pasar Baru Tak Ditempati, Sungai Cikaso Penuh Sampah

Banjarsari, galuh.id - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kecamatan Banjarsari, Kamis (26/9/2019). Ada dua tempat...

Pembuat e-KTP di Ciamis Membludak, Disdukcapil Kewalahan

Ciamis, galuh.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis merasa kewalahan dengan panjangnya antrian pembuatan e-KTP, sementara suplai blangko e-KTP...

Link Live Streaming TV One Blitar Bandung United vs Persita Tangerang Sore ini

Info Liga 2, galuh.id – Persita Tangerang vs Blitar Bandung United pada laga pamungkas babak pendahuluan Liga 2 2019, sore ini, Kamis...

TP4D Kejari Ciamis Akan Awasi Penggunaan Dana DAK

Ciamis, galuh.id - TP4D (Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah) Kejaksaan Negeri Kabupaten Ciamis akan mendampingi sekaligus mengawasi Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis...

Jelang Lawan Persita Tangerang, PSGC Ciamis Dipimpin Pelatih Baru

Berita PSGC, galuh.id - Setelah ditinggalkan pelatih kepala Herrie 'Jose' Setiawan, manajemen PSGC Ciamis menunjuk Andri Wijaya sebagai pelatih kepala. Sebelumnya Andri...