Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Dapat Dicairkan, Begini Caranya

Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan dapat dicairkan oleh peserta di tengah pandemi Covid-19. Kebijakan ini menyusul melonjaknya gelombang pengangguran akibat dampak dari wabah Corona.

Dampak ekonomi dan sosial akibat kebijakan pembatasan pemerintah terkait upaya pencegahan virus corona mulai muncul ke permukaan. Salah satunya yakni munculnya gelombang pengangguran akibat adanya Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK) dari banyak perusahaan.

Hingga 20 April 2020, sebanyak 2.084.593 pekerja dari 116.370 perusahaan dirumahkan dan kena PHK karena terdampak pandemi. Hal itu mengacu dari data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Akibatnya, muncul gelombang pengangguran sebagai dampak ekonomi dan sosial akibat kebijakan pembatasan pemerintah terkait upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJamsostek, Irvansyah Utoh Banja, menjelaskan, dana Jaminan Hari Tua (JHT) diklaim, sesuai dengan persyaratan dan ketentuan berlaku.

Pihaknya juga mengaku siap untuk membayarkan klaim Jaminan Kesehatan Hari Tua (JHT) kepada para peserta, baik sepenuhnya ataupun sebagian.

“Bagi semua peserta berhak (mencairkan), yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan,” kata dia, di laman Kompas, Minggu (3/5/2020).

Pelayanan Klaim Dana JHT

Terkait dengan pelayanan, pria yang akrab disapa Utoh ini menerangkan bahwa pihaknya tetap memberikan pelayanan klaim, namun dilakukan tanpa melakukan kontak fisik, yang kemudian disebut dengan LAPAK ASIK.

“Para peserta yang akan mengambil dana JHT-nya, tidak harus datang ke Kantor Cabang setempat, namun bisa dilakukan secara online dari rumah setiap peserta,” terang Utoh.

Utoh berkata, pihaknya pun telah menerapkan protokol layanan terbatas kepada para pengunjung, jika terpaksa harus melakukan pengajuan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan ke Kantor Cabang. Seperti, penyerahan dokumen melalui dropbox.

Hal itu dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan para peserta maupun petugas agar tak terpapar virus Corona.

Adapun prosedur LAPAK ASIK diterapkan di seluruh kantor cabang dan kantor cabang perintis BPJS Ketenagakerjaan hingga kondisi darurat Covid-19 berakhir.

Dokumen yang Diperlukan

Utoh menyampaikan, adapun dokumen yang dipersyaratkan untuk pengajuan klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Formulir klaim atau surat keterangan yang telah diisi Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan KTP dan Kartu Keluarga Parklaring. Isinya berupa pernyataan bahwa seseorang pernah bekerja pada sebuah lembaga dengan posisi atau jabatan dan jangka waktu tertentu.
  2. Buku Rekening Tabungan Aktif Foto peserta terbaru NPWP untuk saldo JHT di atas Rp 50 juta.

Sesuai UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, dana JHT BPJS Ketenagakerjaan merupakan program nasional yang dijalankan berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib.

Tujuannya untuk menjamin setiap peserta menerima sejumlah uang tunai secara sekaligus apabila memasuki masa pensiun di kemudian hari.

Selain JHT, ada juga Jaminan Pensiun. Saat seseorang bekerja dan terdaftar sebagai peserta BPJamsostek, gaji juga terpotong untuk membayar iuran Jaminan Pensiun atau JP. Akan tetapi, JP hanya dapat diambil ketika memasuki waktu pensiun.

“JP hanya dapat diambil ketika sudah pensiun. Selain itu, juga meninggal atau cacat total tetap,” pungkas Utoh.

Setelah tahu klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mencoba mencairkannya. Semoga beruntung. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Warga yang Reaktif Rapid Test Massal di Ciamis Dinyatakan Negatif Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis telah melakukan rapid test massal secara random di beberapa titik pusat keramaian, seperti pasar dan pertokoan....

Juara 3 Liga 2 2019, Persiraja Lolos ke Liga 1 Musim Depan

Info Liga 2, galuh.id- Persiraja Banda Aceh berhasil menyabet juara ketiga Liga 2 Indonesia setelah mengalahkan Sriwijaya FC. Kemenangan itu sekaligus membuat...

Ayah Nikita Willy Meninggal Dunia

Infotainment, galuh.id - Kabar duka kini tengah dirasakan oleh artis Indonesia Nikita Willy, pasalnya ayah tercinta Henry Willy Syam meninggal dunia.

Wisata Pemandangan Negeri di Atas Awan: Puncak Bangku Ciamis

Puncak Bangku Ciamis merupakan destinasi wisata yang bertempat di desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Puncak Bangku bahkan disebut-sebut sebagai negeri di...

Mantan Sekretaris KPU Pangandaran Jadi Tersangka Korupsi Biaya Mamin dan ATK

Ciamis, galuh.id - Kejaksaan Negeri Kabupaten Ciamis menetapkan mantan sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pangandaran tahun 2015 sebagai tersangka kasus korupsi biaya...