Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Sayang Kaak Ciamis, Destinasi Wisata yang Cocok untuk ‘Munggahan’

Ndu Corner, galuh.id – Dulu, kamu mungkin mengenalnya dengan nama Grand Sayang Kaak Ciamis. Nama itu konon diambil karena banyak burung Kaak di tempat wisata yang berlokasi di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini.

Kini, tempat wisata ini bernama Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak. Perubahan tersebut bukannya tanpa alasan. Sayang Kaak mendapat sokongan dari Bank Mandiri. Maka, kalau kamu lama tidak piknik ke tempat ini, dijamin kamu akan bengong karena perubahan yang ada di Sayang Kaak.

Tepat di hari buruh, 1 Mei 2019, saya bersama beberapa kawan dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Ciamis, piknik ke Wana Wisata Sayang Kaak. Saya memang sukses dibuat bengong dengan perubahan yang ada di sana. Spot foto makin banyak dan semuanya harus dicoba.

Salah satu spot foto yang banyak dijajal pengungjung Sayang Kaak Ciamis.

Kalau dulu saya bisa masuk Sayang Kaak tanpa tiket masuk, karena memang belum dikenakan tiket masuk, namun dulu saya harus membayar tiket jika mau berfoto di spot foto yang tersedia di Sayang Kaak. Kini saya cuma membayar Rp. 5.000 untuk tiket masuk, selanjutnya saya bebas mau berfoto di spot manapun tanpa harus mengeluarkan uang lagi.

Sayang Kaak kini dikelola oleh Bumdes Hanjuang Desa Handapherang. Sejak dibuka tahun 2017, Sayang Kaak sudah berhasil ‘menyumbang’ pendapatan daerah melalui pajak. “Sebulan bisa terjual 1000 sampai 3000 tiket, kita pun udah bayar pajak dan udah nyumbang untuk daerah,” kata Taufan Nugraha, Ketua Pengelola Wana Wisata Sayang Kaak yang kami temui di lokasi, Rabu siang (1/5/2019).

Taufan menambahkan, jika tiket yang terjual itu berasal dari para pengunjung yang terjaring, sebab ada juga yang lolos. Jika semua pengunjung tidak abai maka dipastikan pendapatan dari tiket akan lebih banyak. Padahal cuma Rp. 5000 saja lho tiketnya.

Salah satu spot foto di Wana WIsata Mandisi Sayang Kaak Ciamis.

Menjelang puasa, banyak pengunjung yang datang ke Sayang Kaak untuk ‘botram’ alias makan bersama, bisa dibilang ‘munggahan’ karena dilakukan menjelang puasa.  Jika kamu merasa ribet ketika harus membawa bekal dari rumah, maka janga khawatir, di Sayang Kaak sudah tersedia warung-warung yang menyediakan nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya dan bisa dipesan sesuai dengan keinginan kamu.

Jadi nih buat yang mau munggahan, tapi nggak kebetulan nggak dapat tempat di Rumah Makan sekitar Ciamis, maka Wana Wisata Sayang Kaak Ciamis ini bisa jadi alternatif pilihan kamu untuk berkumpul dan makan bersama sebelum puasa tiba. Selamat menjalankan puasa ya, pembaca Galuh ID.  (galuh.id/Ndu)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Serunya Menikmati Pemandangan Situ Mustika Kota Banjar

Berita Banjar, galuh.id - Bagi warga kota Banjar Jawa Barat, nama Situ Mustika Kota Banjar, Jawa Barat menjadi tempat yang tidak asing...

Potensi Wisata Kecamatan Banjaranyar Ciamis, Dari Kampung Madu Sampai Air Terjun

Berita Ciamis, galuh.id - Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Banjaranyar sendiri saat ini baru menginjak usia...

Asyiknya Rekreasi di Bendungan Manganti Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Bendungan Manganti merupakan bendungan sarana irigasi, juga pengendali banjir di wilayah kabupaten Ciamis. Bendungan yang selesai dibangun tahun...

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Akibat Pandemi Covid-19 di Ciamis, Ribuan Pasangan Suami Istri Bercerai

Berita Ciamis, galuh.id - Akibat pandemi Covid-19, di Ciamis ribuan pasangan suami istri bercerai, terdapat kenaikan yang signifikan perkara dibandingkan sebelum pandemi.

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar di Rumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.