Sabtu, 31 Juli 2021
Sabtu, 31 Juli 2021
BJB

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id – Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda.

Berada di atas ketinggian Dusun Kutasari, Desa Dayeuhluhur, Jatinagara Kabupaten Ciamis, Jalumarat merupakan tempat strategis untuk mengintai musuh.

Dulunya di tempat ini para pejuang mengintai kedatangan tentara Belanda, musuh negara Republik Indonesia (RI) pada waktu perang kemerdekaan.

Adang (70) tokoh masyarakat setempat, mengatakan saat perang kemerdekaan para tentara pejuang RI sering berada di Puncak Jalumarat pada malam hari.

Menurut Adang, di tempat ini mereka mengintai tentara Belanda yang terjun melalui pesawat udara saat akan memasuki markas mereka di Kawali Ciamis.

“Para pejuang kita dulu sering berada di Puncak Jalumarat pada malam hari. Hal itu mengintai tentara Belanda yang terjun dari pesawat udara,” ujar Adang, Sabtu (27/2/2021).

Guna mengetahui jumlah pasukan Belanda yang akan masuk ke markas melalui pesawat udara tersebut. Lalu para tentara pejuang RI mengawasi dari Puncak Jalumarat.

Dari tempat strategis ini kata Adang para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia pada waktu itu bisa melihat jumlah tentara Belanda yang terjun dari pesawat.

”Saat tentara Belanda terjun melalui pesawat, para pejuang bisa melihatnya dari Puncak Jalumarat,” jelas Adang.

Dengan mengetahui jumlah pasukan tentara Belanda, maka para pejuang kemerdekaan RI pun bisa mengatur strategi bagaimana cara menyerang musuh.

Pasukan pejuang kemerdekaan RI pada waktu itu selalu berhasil menyergap musuh, yakni tentara Belanda, karena mengetahui kekuatan mereka.

Saat ini Puncak Jalumarat di Ciamis sedang dalam proses penataaan oleh masyarakat secara gotong royong untuk menjadi tempat wisata alam. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan