oleh

Disbudpora Ciamis Datangkan Wasit Terbaik Liga 1 2019

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis melalui Bidang Keolahragaan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Hotel Larisa, Kamis (6/2/2020).

Peserta Bimtek terdiri dari 25 orang wasit sepakbola dan futsal Kabupaten Ciamis yang sudah memiliki lisensi.

Loading...

Dalam kegiatan tersebut Disbudpora Ciamis mendatangkan Yudi Nurcahya yang merupakan wasit terbaik liga 1 2019. Hal itu untuk memotivasi para wasit Ciamis untuk lebih baik dan bisa meniru kesuksesan dari dia (Yudi).

Ayi Daud Akhiri, Kepala Bidang Keolahragaan mengatakan, tujuan diadakan bimtek tersebut untuk meningkatkan mutu para wasit.

Selain itu juga, wasit dituntut untuk memahami perubahan regulasi peraturan permainan yang baru, sehingga regulasi bisa langsung diterapkan saat memimpin pertandingan.

“Kami sengaja mendatangkan wasit terbaik liga 1 2019 dalam kegiatan bimtek, itu untuk memotivasi wasit Ciamis untuk lebih baik dan bisa meniru kesuksesan dia,” ujarnya kepada GaluhID, Jumat (7/2/2020).

Sebulumnya kata Ayi, Ciamis sudah memiliki wasit berprestasi sekaligus sudah berlisensi FIFA, yakni Tita Puspitasari, yang merupakan Wasit Futsal.

Selain Tita, ada juga Asti, wasit sepakbola yang pernah ditugaskan di Liga 1 Putri Tahun 2019 dan Aji Ahmad Fauzi, wasit sepakbola yang pernah ditugaskan di Liga 1 2019 U-20.

Dalam bimtek tersebut para peserta melakukan uji tes fisik di Stadion Galuh Ciamis untuk mengetahui kualitas fisik para wasit.

“Mudah-mudahan semua wasit futsal dan sepakbola Ciamis bisa lebih meningkatkan kualitasnya. Sehingga kedepan semakin banyak wasit yang berprestasi asal Ciamis,” ucapnya.

Ayi menuturkan kegiatan bimtek ini akan dilakukan secara berkelanjutan, hal ini untuk mengupdate regulasi ketika ada perubahan peraturan yang baru.

“Sehingga para wasit tidak ketinggalan informasi materi regulasi yang mengalami perubahan peraturan. Ini sudah menjadi program kami agar semua wasit futsal dan sepakbola bisa lebih luas wawasannya,” pungkasnya.

Disbudpora Ciamis Berencana Akan Melakukan Bimtek Untuk Semua Wasit Secara Berkelanjutan

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Ciamis, Erwan Dermawan mengatakan Bimtek ini akan terus dilakukan, bukan hanya untuk wasit futsal dan sepakbola.

Namun akan dilakukan untuk semua wasit berbagai cabang olaharaga yang ada di Kabupaten Ciamis. Hal ini untuk meningkatkan kualitas seluruh wasit yang ada di Ciamis.

“Mudah-mudahan upaya kami ini bisa bermanfaat bagi semua wasit yang ada di Ciamis, agar para wasit memiliki wawasan yang lebih luas,” paparnya.

Erwan menambahkan bimtek ini juga untuk terciptanya atlet berprestasi yang lahir dari kompetisi yang baik.

“Salah satu faktor yang menentukan kualitas kompetisi adalah salah satunya adanya SDM wasit yang memiliki kompetensi,” jelasnya.

Ke depan bukan hanya wasit, seluruh unsur yang mendukung prestasi olahraga Ciamis akan ditingkatkan agar bisa bersaing. Hal itu baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Dalam bimtek tersebut turut hadir juga ketua Askab PSSI Kabupaten Ciamis, Heri Rafni Kotari. (GaluhID/Arul)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA