Senin, 18 Oktober 2021 | 23:54
Senin, 18 Oktober 2021
More
    BJB

    Disdik Ciamis Ajak Orang Tua Awasi Perkembangan Anak Didik

    Oleh :

    Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis mengajak orang tua dan masyarakat berperan serta dalam mengawasi pertumbuhan anak didik.

    Belajar di rumah dengan metode daring atau online harus melibatkan peran pengawasan orang tua.

    Demikian hal tersebut disampaikan oleh Endang selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis, Selasa (13/7/2021).

    “Pengawasan anak didik merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya dari pihak dinas saja dalam mengawasi perkembangan anak,” kata Endang.

    Ia menegaskan, peran serta orang tua dan masyarakat sangat penting, terutama dalam pengawasan penggunaan gadget. Telebih pada usia remaja tingkat SMP.

    Menurutnya, untuk siswa Sekolah Dasar (SD) masih bisa terkendali. Namun, menginjak usia remaja pada tingkat SMP, semakin banyak yang ingin mereka ketahui.

    “Nah, di sini peran kita sebagai orang tua untuk mengarahkan anak-anak kita ke hal yang positif,” tutur Endang.

    Lebih lanjut ia menyampaikan, sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), kurikulum bukanlah capaian.

    Tambah dengan kondisi pendemi Covid-19 yang terjadi saat ini, capaian edukasi budi perkerti dan life skill pun menjadi hal yang utama.

    Indikator capaian pendidikan sekarang fokus pada budi pekerti dan life skill. “Dimana peran edukasi berkala sangat krusial di lingkungan keluarga,” tegas Endang.

    Endang juga mengakui memang sangat sulit untuk meraih target capaian edukasi dengan pembelajaran cara daring di tengah pandemi.

    Menurutnya, ada rasa yang hilang dari pendidikan. Karena seni mengajar bukan hanya mulut yang menerangkan. Namun ada bahasa tubuh dan rasa yang harus bersinergi.

    “Pedagogik seni mengajar bukan hanya mulut yang menerangkan. Tapi ada bahasa tubuh dan rasa yang harus bersinergi untuk menciptakan edukasi yang baik,” jelas Endang. (GaluhID/Evi)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    286PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan