oleh

Disdik Ciamis Akan Terapkan Kurikulum 2013 di Seluruh PKBM

 
 

Ciamis, galuh.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan seluruh tutor PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se-Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan mutu tutor dan penyelenggaraan kesetaraan melalui implementasi Kurikulum 2013, Kamis (28/03/2019) di Hotel Priangan.

“Sekolah kesetaraan dan sekolah formal statusnya sama, tidak ada perbedaan maka dengan kemajuan  teknologi saat ini sekolah kesetaraan jangan merasa minder,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. H. Wawan Arifien dalam sambutannya.

“Sekolah Kesetaraan atau PKBM harus mampu bersaing dengan sekolah formal dan berlomba-lomba dalam hal kualitas sehingga nantinya akan muncul prestasi,” ujarnya.

Lanjut Wawan, kurikulum 2013 akan diterapkan di PKBM se-Kabupaten Ciamis  guna meningkatkan mutu pendidikan. “Dengan bergulirnya revolusi industri 4.0 menuntut agar kita bisa menyesuaikan kemajuan teknologi sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Wawan juga berharap semua tenaga tutor PKBM se-Kabupaten Ciamis harus pintar dalam memanfaatkan keadaan saat ini dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Dalam hal ini, tutor juga dituntut lebih kreatif.

“Jangan hanya mengandalkan pendapatan dari tutor tapi harus memiliki pendapatan dari yang lain, misalnnya jualan online dengan menggunakan media sosial yang saat ini mudah diakses dan cepat viral,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Tita Rosita mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para tutor (pengajar), dan PKBM se-Kabupaten Ciamis.

“Peserta yang hadir ada 108 orang yang seluruhnya tenaga tutor dari PKBM se-Kabupaten Ciamis, dari tutor PKBM paket A, B dan C,” ujarnya.

Tita berharap dengan diterapkannya kurikulum 2013 bisa mengembangkan karakter siswa lebih kreatif dan inovatif. “Mudah-mudahan dengan diadakan bimtek ini para tutor bisa memberikan wawasan dan ilmu tentang kurikulum 2013,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Loading...
loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA