Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Disdik Ciamis Akan Terapkan Kurikulum 2013 di Seluruh PKBM

Ciamis, galuh.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan seluruh tutor PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se-Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan mutu tutor dan penyelenggaraan kesetaraan melalui implementasi Kurikulum 2013, Kamis (28/03/2019) di Hotel Priangan.

“Sekolah kesetaraan dan sekolah formal statusnya sama, tidak ada perbedaan maka dengan kemajuan  teknologi saat ini sekolah kesetaraan jangan merasa minder,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. H. Wawan Arifien dalam sambutannya.

“Sekolah Kesetaraan atau PKBM harus mampu bersaing dengan sekolah formal dan berlomba-lomba dalam hal kualitas sehingga nantinya akan muncul prestasi,” ujarnya.

Lanjut Wawan, kurikulum 2013 akan diterapkan di PKBM se-Kabupaten Ciamis  guna meningkatkan mutu pendidikan. “Dengan bergulirnya revolusi industri 4.0 menuntut agar kita bisa menyesuaikan kemajuan teknologi sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Wawan juga berharap semua tenaga tutor PKBM se-Kabupaten Ciamis harus pintar dalam memanfaatkan keadaan saat ini dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Dalam hal ini, tutor juga dituntut lebih kreatif.

“Jangan hanya mengandalkan pendapatan dari tutor tapi harus memiliki pendapatan dari yang lain, misalnnya jualan online dengan menggunakan media sosial yang saat ini mudah diakses dan cepat viral,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Tita Rosita mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para tutor (pengajar), dan PKBM se-Kabupaten Ciamis.

“Peserta yang hadir ada 108 orang yang seluruhnya tenaga tutor dari PKBM se-Kabupaten Ciamis, dari tutor PKBM paket A, B dan C,” ujarnya.

Tita berharap dengan diterapkannya kurikulum 2013 bisa mengembangkan karakter siswa lebih kreatif dan inovatif. “Mudah-mudahan dengan diadakan bimtek ini para tutor bisa memberikan wawasan dan ilmu tentang kurikulum 2013,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...