Perwakilan dari 30 sekolah se-Kabupaten Ciamis mengikuti rapat teknis di kantor Dishub Ciamis, Kamis (14/03/2019)

Ciamis, galuh.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis melakukan rapat teknis terkait persiapan kegiatan pelajar pelopor keselamatan berlalulintas, Kamis (14/3/2019). Kegiatan tersebut rencananya akan diikuti perwakilan dari 30 sekolah tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Ciamis.

Rapat teknis tersebut juga membahas persiapan pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalulintas dan angkutan jalan tingkat Kabupaten Ciamis. Pemilihan kali ini merupakan pemilihan kelima yang dilaksanakan Dinas Perubungan Kabupaten Ciamis.

Edy, sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis menyampaikan dalam sambutannya, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan jalan dan mengurangi resiko kecelakaan di kalangan pelajar.

Menurut Edy, kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan akan dilaksanakan tanggal 18-26 Maret 2019, bertempat di Kantor Dinas Perhubungan dan di Waterboom Sukahaji, Sindangkasih, Kabupaten Ciamis.

“Khusus untuk yang dilaksanakan di Waterboom Sukahaji, kegiatannya yaitu outbound dan materi tambahan tentang keselamatan berlalu lintas,” kata Edy.

Sementara Nana Supriatna, Kepala Dinas Perhubungan saat wawancara di kantornya mengatakan Kabupaten Ciamis adalah salah satu pelopor keselamatan berlalulintas di kalangan pelajar di Indonesia. Dalam kegiatan ini, pelajar akan mengikuti lomba karya tulis dengan tema keselamatan berlalu lintas.

“Kami juga dari Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis memiliki program ‘Dishub Saba Sekolah’ dan sampai saat ini pihak sekolah se-Kabupaten Ciamis sangat antusias dengan program ini,” kata Nana.

Diakui Nana, saat ini 60% kecelakaan lalu lintas terjadi di kalangan pelajar. “Sehingga dengan kegiatan ini bisa mengurangi angka kecelakaan di kalangan pelajar,” ucapnya.

Nana berhatap pada tahun 2019 ini pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas dari Kabupaten Ciamis bisa lolos ke tingkat provinsi bahkan tingkat nasional, sehingga bisa membawa harum nama Kabupaten Ciamis.

Sementara itu diketahui pada tahun 2018 Kabupaten Ciamis menempati peringkat ke-6 dalam pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas di tingkat provinsi.

“Kami menghimbau kepada seluruh pelajar yang suka mengendarai sepeda motor atau mobil agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas, lengkapi surat-surat berkendara dan harus saling menghargai antar pengendara di jalan raya,” pungkasnya. (Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini

6 + 4 =