Rabu, 30 September 2020
Rabu, 30 September 2020
 
 

Dortmund vs Bayern, Die Rotten Diambang Juara

Berita Olahraga, galuh.id – Bundesliga pekan ke-28, menampilkan laga big match Liga Jerman Dortmund vs Bayern, Selasa (26/5/2020) malam WIB.

Bayern Muenchen semakin mendekati gelar juara Liga Jerman tahun ini setelah berhasil menang 1-0 atas tuan rumah Borussia Dortmund di Signal Iduna Park.

Gol kemenangan tim berjulukan Die Rotten itu diciptakan oleh gelandang bertahan yang juga pengawa timnas Jerman, Joshua Kimmich di menit ke-43 babak pertama.

Data statistik pertandingan di babak pertama Bayern Muenchen mampu menguasai pertandingan dengan 53 persen penguasaan bola.

Serangan dari Muenchen yang mengarah ke gawang lawan juga lebih banyak dilakukan yaitu enam kali tendangan mengarah ke gawang.

Sementara tim tuan rumah tercatat hanya 3 kali melesatkan tembakan ke arah gawang. Babak pertama Dortmund vs Bayern ditutup oleh keunggulan tim tamu 0-1.

Pada babak kedua laga Dortmund vs Bayern, tim tuan rumah langsung berusaha menggebrak setelah jeda. Mereka langsung mengancam gawang lawan yang dijaga oleh Manuel Neuer.

Peluang pertama Dortmund dilakukan oleh Dahoud melalui tendangan jarak jauh yang terukur, namun Neuer masih bisa mengamankannya dengan cukup mudah.

Berbeda dengan Dortmund, Bayern yang sudah unggul membangun serangan dengan lebih sabar dan mereka nyaris menggandakan. Sayang tembakan Goretzka masih bisa ditepis Burki.

Dortmund yang berusaha mengejar ketinggalan, Beberapa upaya dilakukan oleh pelatih Lucien Favre untuk mengejar defisit.

Dalam upaya mengejar defisit, mereka harus kehilangan striker andalannya Erling Braut Haaland yang mengalami cedera dan harus diganti oleh Reyna.

Agar lini serang tak kendor, Favre memasukkan Mario Gotze, namun hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk tim tamu tidak berubah.

Dengan kemenangan ini, Bayern Muenchen kini semakin kukuh di puncak klasemen dengan unggul tujuh poin dari Borussia Dortmund yang berada di peringkat dua.

Peluang Muenchen untuk meraih gelar juara Bundesliga delapan musim berturut-turut semakin terbuka lebar.

Hasil positif ini pun menjadi kado manis bagi penjaga gawang Bayern, Manuel Neuer selama berkarir di Bundesliga sejak musim 2006/2007.

Pada laga Dortmund vs Bayern ini, dia mencatatkan penampilan ke-400 di pentas Bundesliga. Tak ada pemain lain yang menorehkan rekor serupa.

Rekor Pertemuan Dortmund vs Bayern

Laga big match kali ini digelar dalam situasi yang berbeda karena pandemi virus corona. Biasanya laga Dortmund vs Bayern yang memiliki julukan Der Klassiker berlangsung panas dan mendebarkan.

Kedua belah tim mempunyai rivalitas yang amat sengit. Apalagi, keduanya kini tengah berjuang untuk merebut gelar juara Bundesliga 2019/2020.

Selain itu Dortmund sebagai tuan rumah biasanya didukung sekitar 81.000 suporter mereka yang selalu hadir di Signal Iduna Park.

Status tuan rumah klub berjulukan Die Borussen itu kali ini harus bermain tanpa kehadiran suporter mereka. Tentu ini kondisi yang kurang menguntungkan tuan rumah.

Hal ini karena aturan protokoler kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah Jerman yang mengharuskan stadion kosong tanpa kehadiran penonton untuk menghindari kerumunan.

Ini merupakan aturan baru dan bagian dari syarat berlangsung kembali kompetisi teratas negeri panzer ini di masa pandemi Corona.

Dengan kondisi seperti ini membuat status Dortmund yang menjadi tuan rumah pun tidak membantu tim asuhan Lucien Favre ini untuk menundukkan Bayern Muenchen.

laga klasik antara Dortmund vs Bayern ini menjadi pertemuan mereka yang ke-103 sepanjang sejarah Bundesliga.

Dari rekor pertemuan itu Bayern mendominasi laga Der Klassiker dengan memenangi 60 pertandingan, sementara Dortmund hanya menang 33 kali dan 29 imbang.

Bahkan dalam 10 perjumpaan terakhir, Die Roten memiliki catatan mentereng, mereka mendominasi dengan tujuh kemenangan, satu seri, dan dua kali kalah.

Selain rekor pertemuan kedua tim, meski pada laga kali ini striker Bayern Robert Lewandowski tidak mencetak gol. Namun ia memiliki catatan khusus.

Lewandowski yang juga pernah eks striker Dortmund merupakan top skor Der Klassiker sepanjang masa dengan 17 golnya (16 bersama Bayern, 1 dengan Dortmund).

Ia bahkan mencetak gol di enam laga pertemuan terakhir Dortmund vs Bayern dengan menyarangkan total 12 gol. (GaluhID/Dhi)

Loading...

Artikel Terkait

Ditahan Imbang A.S Roma, Cristian Ronaldo Tetap Bintang Lapangan

Sang juara bertahan 9 kali berturut-turut, Juventus ditahan imbang A.S Roma, Senin (28/9/2020) dini hari. Walaupun pelatih Juve sedikit kecewa, tapi ia...

Tak Dihargai Barca, Atletico Madrid Sambut Suarez

Berita Olahraga, galuh.id - Atletico Madrid sambut pemain barunya Luis Suarez. Beberapa waktu lalu Barcelona memutuskan untuk tidak kembali memasukan Suarez ke...

Bayern Munchen Juara, Hadiah Ulang Tahun untuk Thomas Muller

Bayern Munchen juara setelah menaklukan lawannya, Sevilla dengan skor tipis 2-1. Kampiun Liga Eropa tersebut terpaksa harus menerima kekalahan di babak tambahan.

Temukan Kami

48,723FansSuka
189PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai November 2020

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI telah mengumumkan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga bulan November 2020. Hal ini dikarenakan...

Update Level Kewaspadaan Covid-19, 5 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah

Berita Jabar, galuh.id – Sebanyak 5 daerah di Jabar masuk zona merah. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan...

Tanaman Janda Bolong Termahal, Bagaimana Cara Merawatnya?

Tanaman Janda Bolong termahal ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pada media sosial, sejumlah netizen tak henti membagikan foto Janda Bolong melalui...

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...