oleh

Emansipasi Perempuan Dijunjung Tinggi di Acara Agustusan Lingkungan RT Bolenglang Ciamis

Hubungi
 
 

Acara Agustusan menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia biasanya diselenggarakan minimal di tingkat RW dan kebanyakan diselenggarakan di tingkat Desa. Hal yang istimewa terjadi di RT 03 dan RT 04 RW 04 Lingkungan Bolenglang Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, acara Agustusan justru dilaksanakan di lingkungan RT.

Menurut salah seorang warga, awalnya RT 03 yang berinisiatif menyelenggarakan acara Agustusan, hal ini kemudian didukung oleh RT 04 yang juga memiliki keinginan untuk memeriahkan Agustusan di daerah mereka.

Loading...

Untuk ukuran kegiatan lingkungan RT, acara Agustusan di daerah Bolenglang ini cukup meriah dan tidak kalah dengan acara Agustusan di tempat lain. Acaranya sendiri tidak jauh berbeda dengan acara-acara di tempat lain, ada lomba anak ceria, yaitu perlombaan permainan tradisional untuk anak-anak, seperti lomba makan kerupuk dan lainnya. Selain itu ada juga pertandingan futsal antar klub di RT 03 dan RT 04.

Acara yang dimulai sejak tanggal 12 Agustus 2018 ini diakhiri dengan acara hiburan yang menampilkan kreasi seni anak-anak muda RT 03 dan RT 04 Dusun Bolenglang ini pada Minggu (19/08/2018) diantaranya menampilkan tarian tradisional dan modern, termasuk musikalisasi puisi. Di penghujung acara ada grup musik dangdut dari Banjar yang menghibur warga sekitar Bolenglang.

Ketua Panitia, Mira Andriani mengatakan jika acara di lingkungan RT mereka sudah dilaksanakan rutin sejak 4 tahun yang lalu. Bahkan tahun sebelumnya selain perlombaan permainan tradisional, pertandingan olahraga dan acara kesenian diselenggarakan juga acara Cerdas Cermat untuk mengasah kepandaian anak-anak di lingkungan mereka.

Selintas tidak ada yang istimewa dari acara mereka. Tetapi Anda belum berkenalan dengan Panitia Pelaksana Acara Agustusan ini. Dipimpin oleh Mira Andriani, acara Agustusan ini melibatkan para remaja dengan rentang usia 15 tahun hingga 22 tahun dan didominasi oleh para perempuan. Menurut Ketua Pemuda, Eka Permana jika ingin melihat bagaimana persamaan gender dan emansipasi perempuan dipraktekkan pada acara Agustusan tahun 2018 di tempat mereka, Bolenglang, bisa dijadikan sebagai rujukan.

“Niatnya memang saya ingin ada estafet kepanitiaan, sehingga acara seperti ini bisa berkelanjutan, karena itu saya berinisiatif agar anak SMP itu jangan ikut permainan, tapi jadi panitia semua,” ungkap Ketua RT 03, Kosim Sudarman, yang diwawancarai ketika acara berlangsung di GOR Al Hasan.

Di sela-sela istirahat kegiatan, Galuh ID sempat menanyakan arti kemerdekaan kepada para panitia yang mengaku cukup senang bisa jadi panitia di lingkungan mereka. Berikut adalah beberapa kutipan dari mereka.

“Kemerdekaan jika ada kesetaraan dan kita bisa mendapatkan hak-hak kita.” Sarah (18).

“Kemerdekaan menurut saya dimana hari ini kita memperingati hari kemerdekaan jadi kita memperingati jasa para pahlawan, sehingga generasi muda diharapkan masih semangat dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan.” Siti Budiarti (22).

(K.P Latief) Ciamis Galuh ID

loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA