oleh

Enam Tim Liga 1 Berhasil Dapatkan Lisensi Club AFC, Liga 2 Menyusul

 
 

Info Liga 1, galuh.id – Sidang komite lisensi klub PSSI yang diketuai Timmy Setiawan telah menetapkan enam klub peserta Liga I yang lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub professional dengan standar AFC.

Enam tim di Liga 1 ini mendapat pengakuan dari Federasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai klub profesional. Ini seiring dengan keberhasilan mereka meraih Club Licensing AFC 2019. Kepastian ini seperti yang tertuang dalam rilis terbaru PSSI di situs resminya.

Dalam surat tersebut, enam klub diputuskan lolos oleh Club Licensing Committee PSSI dengan status granted, lolos tanpa syarat.

Enam klub itu yakni Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Persija Jakarta dan Arema FC.

Adalah sebuah pencapaian tahun ini merupakan suatu prestasi karena pada tahun lalu jumlah klub yang lolos hanya tiga tim yang mendapatkan status ‘Granted’.

Tahun ini, ada 16 klub Liga 1 yang berpartisipasi dalam Club Licensing. Keputusan Club Licensing terbagi dalam tiga kategori yakni granted, granted with sanction dan rejected.

Bali United FC dan Bhayangkara FC mendapat granted with sanction (Diterima Bersyarat) dengan kata lain harus memperbaiki data yang dimiliki dan dikumpulkan sebelum bergulirnya musim kompetisi AFC 2020 bulan Februari.

Sedangkan 8 klub lainnya rejected (gagal), namun PSSI dalam rilisnya tak menyebut delapan klub yang tidak lolos untuk mendapatkan lisensi ini.

Club Licensing ini menjadi syarat utama bagi tiap klub di Liga 1 untuk bisa berkiprah di kompetisi internasional yang diselenggarakan AFC.

Ada lima aspek yang wajib dipenuhi setiap klub untuk bisa lolos lisensi ini. Yakni: Olahraga, Infrastruktur, Personil & Administrasi, Hukum, dan Keuangan.Tiap aspek dinilai cukup ketat. Salah satunya bila tak terpenuhi dipastikan klub tak akan lolos.

“Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern baik dari AFC maupun PSSI,” ujar Timmy Setiawan dalam siaran persnya di laman resmi PSSI.

Licensing Club ini dilakukan setiap tahun. Tahun depan, selain klub Liga 1, PSSI juga berencana akan menyasar klub-klub Liga 2 untuk bisa mendapatkan lisensi nasional.

Dengan begitu dipastikan klub-klub Liga 2, harus memulai mengelola lima aspek yang menjadi syarat untuk menjadi klub profesional. Apabila gagal terpenuhi, bisa dipastikan klub yang promosi ke Liga 1 akan terganjal. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA