Jumat, 22 Januari 2021
Jumat, 22 Januari 2021
 
 

Gadis Bercadar di Ciamis Jualan Cilok Keliling untuk Kuliah

Ciamis, galuh.id – Panas terik cahaya matahari siang itu, tak menyurutkan langkah Nova Puspitasari untuk berkeliling berdagang cilok. Sudah 4 bulan gadis bercadar tersebut jualan cilok keliling. Nova tidak tampak malu dan gengsi walaupun ia harus mendorong roda untuk menjajakan cilok yang dijualnya.

Galuh ID menemui gadis berusia 20 tahun ini ketika sedang berjualan cilok di depan kantor BNN Ciamis, Jalan Iwa Kusumasumantri, No. 2 Kertasari, Kamis (31/01/2019). Nova mengaku berjualan cilok karena ingin kuliah, selain juga untuk membantu perekonomian keluarga.

“Sudah pernah daftar kuliah, tapi dicabut lagi, karena nggak ada uangnya,” kata Nova.

Nova saat melayani konsumen yang membeli ciloknya di depan Kantor BNN Ciamis, Kamis (31/01/2019).

Sebelum berjualan cilok, Nova pernah mengajar di sebuah Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel), tetapi ketika habis kontrak, Nova tidak lagi melanjutkan mengajar di Bimbel tersebut. Selain mengajar, Nova juga tercatat pernah bekerja sebagai teller di sebuah bank syari’ah. Namun, orang tua Nova tidak menyetujui Nova bekerja di Bank, alasannya karena takut riba.

“Kan suka ikut kajian, katanya walaupun syari’ah tapi tetep ada ribanya,” terang Nova.

Keluar kerja dari Bank membuat Nova berpikir bagaimana mencari uang, sampai kemudian Nova bertemu dengan seorang kakek penjual cilok, timbullah keinginan Nova untuk membantu perekonomian keluarga dengan berjualan cilok. Dari penjual cilok yang ditemuinya saat itu Nova diberi nomor telepon seorang produsen cilok. Maka, dimulailah ‘petualangan’ Nova sebagai penjual Cilok keliling.

“Banyak rintangannya, ada yang menghina ada, ada yang mendukung ada, nggak gengsi justru malah semangat, karena kan bisa dapat uang sendiri,” kata Nova.

Setiap hari Nova si gadis bercadar di Ciamis ini berjualan cilok dari rumahnya di Dusun Desa, Desa Dewasari, Ciamis sampai area perkantoran Kertasari. Jika jualannya habis, dalam sehari Nova bisa mendapatkan penghasilan Rp. 60 ribu.

“Jualan cilok karena ingin kuliah juga dan ke depan pengennya buka usaha sendiri,” pungkas gadis bercadar ini.

(Arul/K. Putu Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Evaluasi PPKM di Ciamis, Penanganan Covid-19 Membaik

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis menggelar rapat evaluasi terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rapat evaluasi tersebut berlangsung di Sekretariat Satgas...

Parkir Tahunan Ditolak, Ciamis Akan Audensi ke Pemprov Jabar

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis merencanakan adanya retribusi parkir tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pemprov Jabar menolak kebijakan itu. Padahal, kebijakan retribusi parkir...

Hari ke-10, Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Sosialisasi PPKM

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak hari pertama. Sosialisasi dan edukasi tersebut...

Temukan Kami

48,124FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya