Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Gara-gara Selingkuh Mas Magot, Ciamis Didatangi Wakil Bupati Kuningan

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Kuningan melakukan kunjungan ke Kabupaten Ciamis. Hal itu untuk studi banding pengolahan sampah dan magot, Rabu (12/2/2020).

Program Selamatkan Lingkungan Hidup Masyarakat Kelola Bank Sampah dan Magot atau disingkat Selingkuh Mas Magot. Program ini merupakan program untuk pengelolaan sampah dari Ciamis yang sudah dikenal di luar daerah.

Program Selingkuh Mas Magot merupakan program yang digagas Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Giyatno.

Dalam kunjungan tersebut perwakilan dari Kabupaten Kuningan terdiri dari wakil bupati, Sekertaris Daerah, PKK dan SKPD terkait.

Rombongan wakil Bupati Kuningan tersebut diterima oleh Ibu Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, beserta Dinas DPRKPLH Kabupaten Ciamis.

Perwakilan dari Kuningan belajar program Selingkuh Mas Magot terkait pengelolaan sampah melalui Bank Sampah dan penguraian sampah melalui hewan magot.

Kabupaten Ciamis telah sukses mengelola sampah melalui Bank Sampah dan mengembangkan hewan magot untuk menguraikan sampah organik menjadi pupuk dan makanan ikan yang kaya protein.

Wakil Bupati Kuningan Berkunjung ke Kampung KB Mandiri Magot Pawindan

Studi banding ini dilaksanakan di Kampung KB Mandiri Magot Dusun Pasir Peuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Kampung KB Mandiri Magot, Desa Pawindan merupakan kampung yang pertama berhasil mengembangkan magot dan pengolahan sampah.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Giyatno, mengatakan ia bersyukur program Selingkuh Mas Magot menjadi bahan studi banding dari Kabupaten Kuningan.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami, Ciamis menjadi percontohan dalam pengelolaan sampah dan pengembangan hewan magot sebagai salah satu pengurai sampah oraganik,” ujarnya kepada GaluhID, Rabu (12/2/2020).

Pihaknya akan terus berupaya menyosialisasikan program Selingkuh Mas Magot agar penanganan sampah di Ciamis bisa terkendali.

Bahkan menurutnya, dengan program ini, masyarakat bisa mendapatkan nilai tambah berupa uang dari sampah dan juga bisa menjadi mata pencaharian.

“Sampah bisa dipilah terlebih dahulu, ada organik, non organik dan residu itu semuanya memiliki nilai ekonomis yang cukup bagus,” ucapnya.

Saat ini, Ciamis sudah memiliki ratusan bank sampah di beberapa Desa dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ciamis pun sudah memiliki kantor pusat bank sampah namun belum diluncurkan.

“Mudah-mudahan beberapa bulan ke depan Kantor Bank Sampah pusat sudah bisa dilaunching dan beroperasi untuk melayani tabungan sampah dari masyarakat,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.