Selasa, 24 November 2020
Selasa, 24 November 2020
 
 

Gelombang 4 Prakerja Dibuka, Begini Tips Agar Lolos Seleksi

Hubungi Kami

Berita Nasional, galuh.id – Gelombang 4 Prakerja akan segera dibuka. Bagi calon peserta yang ingin bergabung dapat mendaftarkan diri secara online melalui website www.prakerja.co.id

Sejak pendaftaran kartu Prakerja dibuka pada awal April lalu, sudah lebih dari 8 juta orang yang mendaftar untuk program tersebut. Jumlah itu dipastikan akan terus meningkat.

Pasalnya, ada 30 gelombang pendaftaran kartu Prakerja yang dibuka hingga akhir tahun 2020. Termasuk gelombang 4 yang akan segera dibuka.

Gelombang 4 Prakerja Segera Dirilis

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja Denni Puspa Purbasari, memastikan tak lama lagi program kartu prakerja gelombang 4 segera dirilis.

“Saat ini sedang dalam proses. Tidak lama lagi gelombang 4 Prakerja akan rilis,” kata Denni.

Denni juga menyampaikan permintaan maaf karena sebelumnya dia mengatakan bahwa kartu prakerja gelombang 4 mulai dibuka pada 26 Mei 2020 atau setelah lebaran.

Dia menjelaskan, adanya jeda waktu yang lebih lama dibanding 3 gelombang sebelumnya, disebabkan proses evaluasi oleh pihak Komite Prakerja yang masih berlangsung.

Adanya proses evaluasi yang masih dilakukan oleh pihak Komite ini yang akhirnya membuat pendaftaran gelombang 4 Prakerja ditunda.

Meski sudah lebih dari 8 juta orang yang mendaftar, namun ternyata masih banyak peserta Prakerja yang gagal masuk ke tahapan seleksi. Hal itu dikarenakan beberapa kesalahan teknis.

Ada dua kesalahan paling umum yang menjadi penyebab gagal lolos daftar kartu Prakerja. Antara lain kesalahan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan kesalahan dalam mengunggah foto selfie.

Berikut ini tips agar lolos seleksi gelombang 4 Prakerja, yang dirangkum dari berbagai sumber :

Verifikasi Email

Berdasarkan data per Kamis (16/4/2020) yang dilansir dari Kompas, sebanyak 1,54 juta pendaftar tidak melakukan verifikasi email, sehingga dinyatakan gagal lolos kartu Prakerja gelombang pertama.

Sementara 4,42 juta dari 5,96 pendaftar kartu Prakerja, sudah berhasil melalui tahap verifikasi email.

Untuk itu, pastikan Anda melakukan verifikasi email agar lolos seleksi program kartu Prakerja.

Verifikasi NIK

Perhatikan NIK Anda jika ingin lolos gelombang 4 Prakerja. Sebanyak 3,29 juta pendaftar diketahui telah melalui tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KTP pada gelombang pertama.

Setelah melakukan verifikasi NIK, pendaftar dapat mengikuti seleksi untuk proses pengacakan sistem.

Dimana proses pengacakan sistem adalah penentu bagi pendaftar untuk bergabung menjadi peserta kartu Prakerja.

Pengisian data NIK harus benar- benar sesuai. Sebab seleksi daftar Prakerja mengandalkan basis data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri.

Kesalahan atau salah ketik pada pengisisan NIK, seperti keliru dalam penulisan nama dan tanggal, bisa menyebabkan data tidak dapat terverifikasi oleh sistem. Akibatnya Anda bisa gagal mendaftar gelombang 4 Prakerja.

Swafoto Sesuai Ketentuan

Denni menjelaskan, salah satu dari penyebab pendaftar tidak lolos seleksi, yakni kesalahan pada tahap pengambilan swafoto sambil memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dilansir dari Kompas, sebanyak 32.000 pendaftar di gelombang dua, mengunggah foto yang tidak sesuai dengan ketentuan pihak Kartu Prakerja.

Unggahan foto yang tak sesuai dengan ketentuan tersebut, menyebabkan pendaftar Prakerja tidak lolos proses pemindaian wajah.

Banyak pendaftar yang mengunggah foto diri dengan latar yang terlalu gelap atau terlalu terang, tidak lurus, dan ada bagian wajah yang tertutup hingga memakai kacamata.

Hal itu bisa membuat Anda gagal mendaftar gelombang 4 Prakerja, karena foto diri pendaftar tidak dapat diverifikasi dan tidak bisa disesuaikan dengan foto diri yang terdapat di dalam KTP.

Pastikan kualitas foto yang diunggah di akun kartu Prakerja telah sesuai dengan ketentuan agar dapat diverifikasi.

Lalu, seperti apa ketentuan swafoto yang sesuai agar akun pendaftar dapat diverifikasi?

Berikut ini panduan swafoto untuk membuat akun kartu Prakerja, yang dikutip dari laman Instagram @prakerja.go.id. Ikuti langkah ini agar lolos gelombang 4 Prakerja.

  1. Seluruh bagian wajah harus tampak jelas dan lurus menghadap kamera.
  2. Pandangan mata lurus ke depan menghadap kamera dan tidak menyamping.
  3. Atur kecerahan foto agar tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Hindari pencahayaan foto agar tidak berbayang.
  4. Jangan memakai aksesoris yang menutupi wajah, seperti kacamata, topi, masker, dan sebagainya.
  5. Pastikan wajah anda tidak tertutup rambut.
  6. Ambil foto dengan latar belakang polos.
  7. Unggah foto dalam bentuk portait bukan landscape. Pastikan foto yang diunggah tidak blur.

Lebih lanjut, kartu Prakerja adalah program pemerintah yang berupa bantuan pembiayaan untuk digunakan pelatihan atau peningkatan kompetensi calon pekerja.

Siapa yang Berhak Mengikuti Gelombang 4 Prakerja?

Program kartu Prakerja saat ini diprioritaskan untuk pekerja yang terdampak Covid-19, seperti terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan, atau usahanya menurun.

Bagi yang non-PHK juga bisa ikut mendaftar. Dengan catatan harus memenuhi 3 syarat, yakni, Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Program Prakerja ini akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020. Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat Kartu Prakerja sekali seumur hidup dengan total bantuan sebesar Rp 3.550.000.

Dana itu digunakan untuk pembiayaan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Insentif kartu Prakerja pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu yang diberikan sebanyak 4 kali. Insentif survei kebekerjaan dengan total Rp 150 ribu.

Demikian tips agar lolos seleksi program kartu Prakerja. Bagi Anda yang ingin bergabung di gelombang 4 Prakerja, dapat mengikuti tips tersebut agar terhindar dari kesalahan saat mendaftar. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Hari Guru Nasional, Kenapa Diperingati Setiap 25 November?

Hari Guru Nasional merupakan hari khusus yang diperingati setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan dedikasi tinggi kepada para guru-guru...

Mendikbud Perbolehkan Sekolah Tatap Muka, Begini Ketentuannya!

Mendikbud perbolehkan sekolah tatap muka mulai Januari 2021. Artinya mulai tahun depan pembelajaran secara offline sudah bisa terlaksana sebagaimana biasa.

Solusi Gagal Login info.gtk.kemdikbud.go.id, Coba Cara Berikut!

Solusi gagal login info.gtk.kemdikbud.go.id menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya kini tengah banyak yang mengakses laman tersebut. Masyarakat berulang kali...

Temukan Kami

48,648FansSuka
213PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pelanggan PDAM Tirta Galuh Tepat Bayar, Bupati Ciamis Beri Reward

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat sunarya memberikan hadiah sepeda gunung, lemari kulkas, dispenser serta hadiah lainnya bagi masarakat yang tepat...

Hari Guru Nasional, Kenapa Diperingati Setiap 25 November?

Hari Guru Nasional merupakan hari khusus yang diperingati setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan dedikasi tinggi kepada para guru-guru...

Boruto Chapter 52, Akankah Menjadi Pertarungan Terakhir Naruto?

Boruto chapter 52 sudah rilis pada Jumat lalu. Setelah sebulan menunggu, tentu dengan keluarnya chapter terbaru ini membuat penggemar tahu bagaimana kelanjutan...

Gara-gara Tumpahan Solar, Mobil Box Terguling di Jalan Raya Pamarican Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Mobil box terguling di jalan raya Pamarican - Banjarsari. Tepatnya terjadi di Dusun Sukamaju RT 19 RW 05...

Bansos Jabar Tahap III Tuntas 100 Persen, 1,9 Juta KRTS Terima Bantuan

Berita Jabar, galuh.id - Pendistribusian bansos Jabar tahap III tuntas 100 persen. Dari sebanyak 1.900.688 KRTS atau Keluarga Rumah Tangga Sasaran penerima...