oleh

Gerakan Nasional Pemulihan DAS 2019, 10.550 Bibit Buah Ditanam di Banjaranyar Ciamis

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id– Gerakan Nasional Pemulihan DAS (Daerah Aliran Sungai) dicanangkan pemerintah pada 28-29 Desember 2018 lalu. Salah satu upaya mewujudkan gerakan tersebut melalui penanaman pohon di berbagai daerah. Salah satunya di Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Pemerintah menyediakan 1.380.377 pohon untuk dibagikan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran dalam rangka mengambalikan vegetasi di Daerah Aliran Sungai.

Loading...

Sementara dalam acara penanaman pohon di Banjaranyar Ciamis, sebanyak 10.550 bibit buah-buahan diserahkan secara simbolik bersama bibit pohon kayu-kayuan sebanyak 3.250 batang. Selain itu, ada juga 600 batang bibit bantuan dari IKA SKMA.

Kepala Dinas Perhutanan Provinsi Jawa Barat, Badrujaman S.Hut, mengatakan, kondisi lahan kritis di wilayah VIII Jawa Barat seluar 38.067,25 Ha. Luas itu setara dengan 14,14% dari luas wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

“Sementara untuk proporsi terbesar lahan kritis yang berada di luar kawasan hutan sebesar 10,81%,” kata Badrujaman, dalam sambutannya.

Kondisi ini, lanjutnya, apabila tidak ditangani maka akan menimbulkan erosi yang tinggi. “Apabila tidak mungkin ditangani dengan gerakan penanaman pohon atau vegetative, maka diperlukan tindakan pemanfaatn lahan dengan konsep pertanian berkelanjutan,” katanya.

Pertanian berkelanjutan, kata dia, bisa diterapkan dengan konservasi tanah dan air pada lereng-lereng. Hal tersebut dilakukan guna menjaga kualitas lahan dan tingkat kesuburan tanah.

“Penanaman bibit pohon pada hari ini merupakan upaya komprehensif dari pemerintah dalam pemulihan hutan dan lahan. Terutama untuk mengembalikan ‘kesehatan’ Daerah Aliran Sungai (DAS).

Terutama untuk memulihkan kerusakan yang terjadi di Daerah Tangkapan Air (DTA) atau bagian hulu sungai,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Wilayah 3 Ciamis BKSDA Jawa Barat, Andi Witria Rudianto mendukung penuh penanaman pohon di lahan kritis tersebut.

“Kita dari wilayah 3 Ciamis, sangat mendukung upaya untuk memulihkan DAS dengan penanaman pohon ini,” katanya.

Pada Gerakan Nasional Pemulihan DAS di Kabupaten Ciamis tersebut, sebanyak 300 orang masyarakat beserta OPD pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten/Kota, bersama instansi BUMN, TNI, POLRI, Kader Konservasi, Pecinta Alam, Forum DAS dan perwakilan pesantren berbaur dalam acara penanaman pohon di Desa/Kecamatan Banjaranyar. (GaluhID/Ndu)

loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA