Rabu, 27 Januari 2021
Rabu, 27 Januari 2021
 
 

Gerakan Tanam Padi Organik, Bupati Ciamis: Manfaatkan SDA dengan Baik

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri Gerakan Tanam Padi Organik poktan (Kelompok Tani) Tirta Pusaka di Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kamis (26/11/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis beserta Camat Cihaurbeuti, Kapolsek, Danramil dan Kades Pamokolan, mendampingi Bupati Ciamis.

Dalam sambutannya Herdiat mengatakan, Kabupaten Ciamis memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah, baik pertanian, peternakan maupun perikanan.

“Ciamis memiliki sumber daya alam yang melimpah. Baik dengan pertanian, peternakan atau perikanan. Kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik,” ucapnya.

Herdiat pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pihak penyelenggara kegiatan, Camat dan Kades, karena telah mempelopori kegiatan penanaman padi organik.

“Terima kasih. Dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Camat, Kades dan pihak penyelenggara. Karena telah mempelopori kegiatan penanaman padi organik,” katanya.

Masyarakat di Kabupaten Ciamis sendiri, kata Herdiat, lebih dari 60 persen berprofesi sebagai petani. Sedangkan sisanya berprofesi ASN, polisi, pengusaha dan lain-lain.

Gerakan Tanam Padi Organik Motivasi Petani

Lebih lanjut Herdiat menuturkan, pemerintah daerah telah menentukan Ciamis bagian utara sebagai kawasan agropolitan. Karena keadaan di wilayah itu mendukung untuk pertanian.

“Penentuan Ciamis Utara sebagai kawasan agropolitan. Seperti Panumbangan dan Cihaurbeuti. Karena daerah tersebut sangat mendukung untuk pertanian,” jelasnya.

Selanjutnya, Bupati Herdiat tidak lupa mengajak untuk senantiasa mempedomani protokol kesehatan (prokes). Kemudian membiasakan diri dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Pasalnya, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis setiap harinya terus meningkat.

”Kita harus mempedomani prokes. Dan biasakan diri dengan AKB untuk memutus mata rantai Corona. Agar kita semua segera kembali pada kehidupan normal,” tutur Herdiat.

Sementara itu, Budi Slamet Wibowo selaku Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis mengatakan tujuan kegiatan itu untuk memotivasi petani meningkatkan hasil pertanian melalui poktan.

“Untuk gerakan tanam padi organik ini. Fokus di Cihaurbeuti dulu dengan anggaran dari APBD 2020. Dan menggunakan lahan pertanian seluas 2 hektare yang terbagi ke 4 desa,” kata Budi. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Abrasi Sungai Cikaso di Banjarsari Ciamis, Jalan Terancam Longsor

Berita Ciamis, galuh.id - Abrasi sungai Cikaso yang berada di Dusun Wanayasa RT 7 RW 2 Desa Cibadak, Banjarsari Kabupaten Ciamis kembali terjadi. Akibat abrasi...

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Warga Ciamis Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan 15 Juta

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis melalui Dinas Sosial akan memberikan santunan sebesar Rp 15 juta bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. "Bantuan...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya