Banjarsari, galuh.id – Dierde Heneghan (24) guru asal Amerika Serikat sudah mengajar Bahasa Inggris selama dua tahun di SMAN 1 Banjarsari.

Dierde merupakan relawan dari Peace Corp, relawan Peace Corp yang fokus terhadap bidang pendidikan ini tidak hanya ada di SMAN 1 Negeri Banjarsari, namun tersebar di beberapa negara termasuk di Indonesia. Di Indonesia relawan Peace Corp bertugas mengajar Bahasa Inggris.

Di kabupaten Ciamis ada beberapa sekolah yang dibantu oleh relawan dari Peace Corp yaitu SMA Negeri 1 Banjarsari, MAN 4 Ciamis, SMA Negeri 1 Baregbeg dan SMA Negeri 1 Panawangan. Sebelumnya Peace Corp juga menempatkan relawannya di MAN Darussalam dan MAN 2 Ciamis.

Sulastri, guru Bahasa Inggris SMAN 1 Banjarsari yang mendampingi Diedre ketika ditemui di sekolahnya, Selasa (29/01/2019) menuturkan Dierde tampak sangat senang dan semangat mengajar Bahasa Inggris di SMAN 1 Banjarsari.

“Ia juga pernah menceritakan kepada saya, Dierde sangat nyaman mengajar di sini dan siswanya baik-baik dan aktif ketika dikasih materi,” kata Sulastri.

Sulastri juga menyampaikan ia sangat terbantu dengan adanya relawan guru Bahasa Inggris langsung dari Amerika Serikat, selain itu ia juga bisa sharing pengetahuan dan pengalaman.

Dierde tinggal di kontrakan rumah milik warga setempat dekat sekolah karena ada syarat yang harus dipatuhi selama berada di Indonesia, yaitu pada saat akan berangkat ke sekalah tidak boleh naik sepeda motor dan tidak boleh dibonceng di sepeda motor, ketentuannya harus naik angkutan umum atau naik sepeda.

Menurut Sulastri, Diedra saat ini masa kontraknya akan segera berakhir dan akan kembali ke kampung halamannya di Amerika Serikat dan ia akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 setelah tugasnya menjadi relawan selesai.

“Siswa di sini sangat antusias mengikuti pelajaran Bahasa Inggris karena mungkin gurunya langsung orang bule,” kata Sulastri sambil tersenyum.

Di Indonesia hanya provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara yang mendapatkan bantuan relawan guru Bahasa Inggris, di Jawa Barat ada 50 guru yang tersebar di setiap kabupaten/kota.

“Sekolah yang mendapatkan bantuan relawan guru asal Amerika Serikat untuk mengajar Bahasa Inggris itu sudah ditentukan dan direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dimulai dari tahun 2017 dan akan berakhir bulan Mei 2019,” pungkas Sulastri.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini