oleh

Harapkan Minat Baca Meningkat, Taman Baca Masyarakat (TBM) Teras Senja Banjarsari Diresmikan

Hubungi
 
 

Banjarsari, Galuh.ID – Peresmian komunitas literasi di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis pada Sabtu (10/11/2018) diharapkan mampu meningkatkan minat baca tulis kaum muda.

Peresmian yang dihadiri oleh Kepala Desa Ciulu, perwakilan dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis, dan Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Ciamis ini berlangsung khidmat. Sebanyak 40 siswa TK/PAUD Desa Ciulu, Komunitas TBM BMBKB, Penggiat Literasi ikut serta dalam memeriahkan kegiatan peresmian.

Loading...

Komunitas Literasi Teras Senja didirikan sejak tanggal 15 September 2018, berawal dari obrolan “warung kopi” keresahan sekelompok pemuda terhadap rendahnya minat baca tulis masyarakat.

Saat ini Komunitas Literasi Teras Senja memiliki 80 anggota dengan kegiatan rutin berupa perpustakaan jalanan di Alun-alun Banjarsari setiap hari Sabtu dan Minggu di sela waktu senja. Selain itu, ada juga Perpustakaan yang dibuka di Dusun Badakjalu RT 09/ RW 08 Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Galuh Firmasyah, Ketua TBM Teras Senja menjelaskan dengan hadirnya TBM Teras Senja diharapkan mampu menggali potensi kaum muda untuk pro aktif terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar.

“Kami sadar akan menurunnya minat baca masyarakat di Kecamatan Banjarsari, dengan lahirnya Teras Senja ini diharapkan dapat meningkatkan kembali minat baca masyarakat dan menggali potensi kaum muda untuk pro aktif terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar,” terangnya.

Galuh juga menyebutkan tentang rencana TBM Teras Senja yang akan memulai roadshow ke desa-desa untuk menebar minat baca tulis di kalangan masyarakat.

Sementara itu, Ari, salah satu penggiat literasi dari Kalipucang, Kabupaten Pangandaran yang turut hadir dalam peresmian menuturkan berdasarkan data UNESCO minat baca dan tulis Indonesia cukup rendah.

“Kami mengajak pemuda-pemudi Desa Ciulu kecamatan Banjarsari untuk membangun jiwa spirit mudanya dalam membaca, karena membaca merupakan jantung negara kita dan Jendela Dunia,” terangnya.

Kepala Desa Ciulu, H. Ramli Mahmud merespon positif peresmian TBM Teras Senja, menurutnya selama ini minat baca sangat kurang di kalangan generasi muda, apalagi generasi tua, sehingga TBM Teras Senja diharapkan dapat membina minat baca masyarakat.

“Mudah-mudahan menjadi gerbang untuk menimba ilmu, karena apa? Karena knowledge is power bahwa ilmu pengetahuan itu kekuatan yang luar biasa, kemudian barang siapa ingin menguasai dunia maka kuasai informasi! Maka lahirnya kan dari ilmu pengetahuan bahwa buku adalah gerbang ilmu pengetahuan bagi siapa pun sehingga lahirnya TBM Teras Senja diharapkan meningkatkan minat baca masyarakat terutama masyarakat desa Ciulu,”

Terakhir H. Ramli juga berharap minat baca generasi muda meningkat, “karena merekalah yang akan menjadi the next generation yang akan menggantikan generasi tua yang sekarang ada di intansi-instansi,” pungkasnya.

(Yanyan Iskandar)

loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA