oleh

Hari Bersih-bersih Sedunia, Warga Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur dari Sampah

 
 

Ciamis, Galuh ID – World Clean Up Day atau hari bersih-bersih sedunia diperingati warga Ciamis dengan membersihkan sungai Cileueur Maleber pada Sabtu siang (15/09/2018). World Clean Up Day sendiri diperingati di beberapa titik di kabupaten Ciamis yang diselenggarakan oleh Ciamis Clean Action berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait yang juga melibatkan berbagai komunitas, sekolah hingga masyarakat umum.

Koko Komarudin yang memimpin kegiatan bersih-bersih ini menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan, agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai serta mengubah pola pikir masyarakat agar mampu mengolah sampah dari rumah.

“Dari kegiatan ini masyarakat harus lebih mencintai lingkungannya sendiri serta pada dasarnya bilamana sesuatu terjadi akibat penumpukan sampah maka siapa lagi yang akan rugi kalau bukan masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

Koko berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat khususnya yang ada di pinggiran Sungai Cileueur lebih memperhatikan kondisi di tepian sungai agar ekosistem di sekeliling sungai tetap terjaga.

 

Sementara itu, Oman Rohman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup sangat mengapresiasi kegiatan ini, hal ini menjadi sebuah pembelajaran penting agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Kegiatan yang baru dilaksanakan pertama kali ini, menurut Oman mendapat antusiasme yang besar dari masyarakat, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang ikut andil untuk membersihkan Sungai Cileueur.

“Insya Allah kegiatan ini akan selalu disosialisasikan secara kontinyu sehingga masyarakat menjadi terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan dapat merawat seluruh ekosistem di lingkungan sungai Cileueur,” pungkasnya.

(Fahmi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA