Kamis, 29 Juli 2021
Kamis, 29 Juli 2021
BJB

Hari Jadi Ciamis ke-379, PKH Ciamis Beri Kado Istimewa

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Hari jadi Kabupaten Ciamis ke-379, Program Keluarga Harapan (PKH) Ciamis memberikan kado istimewa, Kamis (10/6/2021).

Kado tersebut adalah PKH Shop, yaitu yang berupa both container untuk berjualan yang memiliki tujuan utama sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan.

Koordinator PKH Shop, Dedi Setiadi menyampaikan sudah 4 kecamatan yang sudah tersalurkan yaitu Kecamatan Sadananya, Sukamantri, Purwadadi dan Kawali.

“Sementara kami sudah menyalurkan ke 4 Kecamatan yang targetnya seluruh kecamatan dan juga desa-desa pada tiap kecamatan,” jelas Dedi.

Sementara itu Koordinator PKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana menyampaikan hal yang sama saat peresmian PKH Shop oleh Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan PKH Shop yang ada di Kecamatan Kawali.

“Alhamdulillah Bapak Bupati dan Wakil Bupati dapat meresmikan salah satu PKH Shop, ini salah satu upaya kami mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.

Indra juga menyampaikan selain tersalurkan pada seluruh kecamatan di Ciamis juga akan berupaya agar tersalurkan pada setiap desa/kelurahan.

“Ini termin yang ke-2 setelah yang pertam tersalurkan 3 PKH Shop, termin 2 ini akan tersalurkan pada 8 titik,” tambahnya.

Pada Bulan Juni ini menurut Indra bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Ciamis ke-379, dan PKH Shop menjadi kado untuk hari jadi.

PKH Shop Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

PKH Shop ini pengelolanya adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, yang sebelumnya mendapatkan pembekalan untuk pengelolaannya.

“Para pendamping memberikan pembekalan dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)melalui modul pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha ,” jelas Indra.

Pertemuan tersebut menurut Indra, rutin dilaksanakan oleh pendamping PKH dengan para KPM pada dampingannya masing-masing.

Kemudian PKH Shop tersebut memiliki tujuan utama meningkatakan kesejahteraan para KPM PKH karena akan menambah penghasilan secara bersama.

Dengan meningkatnya kesejahteraan menurut Indra, KPM PKH tersebut segera keluar dari kepesertaan PKH dengan mengundurkan diri atau graduasi.

“Dengan meningkatnya kesejahteraan, KPM tersebut segera graduasi atau mengundurkan diri karena telah mandiri untuk melakukan usaha sendiri,” jelas Indra.

Sementara itu saat meresmikan PKH Shop di Kecamatan Kawali, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis sempat meninjau makanan yang dijual.

“Alhamdulillah , selamat untuk PKH Ciamis yang telah berupaya membantu pemerintah dengan inovasi-inovasi seperti PKH Shop ini,” jelas Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis juga menyampaikan harapan dengan PKH Shop tersebut KPM mendapatkan penghasilan dan tidak terus tergantung pada bantuan pemerintah.(GaluhId/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan