oleh

Hebat! Siswa SMKN 2 Banjar Ciptakan Alat Wudhu Otomatis

 
 

Berita Banjar, galuh.id – Tokoh Pemuda Muhammadiyah mendampingi siswa SMK Negeri 2 Banjar menciptakan alat wudhu Otomatis. Sebuah inovasi yang bermanfaat bagi umat yang berkemajuan.

“Inovasi adalah hal yang sangat dibutuhkan sekarang dalam dunia pendidikan, saya sangat mengapresiasi adanya pengembangan teknologi tepat guna di SMK Negeri 2 Banjar, hal ini akan memicu motivasi para pelajar di kota Banjar umumnya dan pelajar di ligkungan SMK Negeri 2 Banjar,” ujar Pandu kepada GaluhID, Senin (25/11/2019).

Langkah ini, kata Pandu, dilakukan dalam rangka mengenalkan teknologi tepat guna sejak usia dini. Selain mengenalkan, diharapkan para pelajar bisa mengetahui dan menambah wawasan, serta bisa menumbuhkan minat mereka terhadap teknologi.

“Dengan mengenalkan teknologi sejak dini ini agar para siswa lebih mencintai dengan ilmu teknologi dan juga untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Pandu Pribadi Guru SMK Negeri 2 Banjar, sekaligus Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Banjar.

Pandu menjelaskan cara kerja alat tersebut adalah ketika ada bagian tubuh yang akan dicuci, tangan atau kaki maka kran akan terbuka. Sebaliknya jika tidak ada, maka kran tertutup.

Alat ini menggunakan berbagai macam komponen, salah satunya adalah aktuator menggunakan relay untuk mengaktifkan solenoid valve sebagai pembuka dan penutup air untuk mengalirkan ke dalam kran dan dikendalikan mengunakan Arduino yang diterima dari sensor gerak.

Manfaat alat ini dibuat untuk efektifitas serta penghematan air, ketika akan melakukan aktivitas, air mengalir secara otomatis.

“Pembuatan alat tersebut menurut saya bisa menjadikan para pelajar mendapatkan pembelajaraan baru, yaitu memanfaatkan teknologi tepat guna,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA