Selasa, 19 Januari 2021
Selasa, 19 Januari 2021
 
 

Ikan Hampala, Sang Predator Sungai yang Tertangkap Komunitas Mancing Mania Ciamis di Sungai Citanduy

Galuh ID- Ikan Hampala dikenal sebagai ikan predator karena terkenal senang memakan ikan-ikan kecil. Ikan yang lazim ditemui di sungai-sungai di Kawasan Asia Tenggara ini memiliki sisik berukuran besar dengan noktah hitam di samping badannya.

Ikan yang hanya bisa hidup di air Sungai yang jernih, berair besar dengan dasar berpasir dan berlumpur ini menjadi penghuni Sungai Citanduy dan terkena kail salah satu anggota komunitas Mancing Mania Ciamis yang dikomandoi Ade Bram.

Bagi para pemancing ikan Hampala adalah tantangan menggairahkan. Hal ini karena ikan Hampala memiliki karakteristik lincah dan bertenaga. Sangat sulit untuk ikan Hampala terpancing oleh umpan biasa. Jika ikan Hampala memakan umpan di kail pemancing, Hampala akan berenang dengan kencang sambil membawa umpan tersebut.

Walaupun ikan Hampala tidak memiliki gigi, tetapi mampu memangsa umpan yang cukup besar karena memiliki ukuran mulut lebar yang ditunjang dengan rahang yang keras.

Menurut keterangan Nurman Ponyo, salah satu anggota Komunitas Mancing Mania yang diwawancara Galuh ID Jum’at (24/08/2018) ikan Hampala tidak bisa hidup di kolam biasa.

“Jika misalnya kita menangkap Hampala di sungai, terus dipindahkan ke kolam ikan biasa, maka sudah pasti ikannya mati,” terang Nurman.

Karena itu pula, lanjut pemancing yang sudah menggeluti hobinya sejak SMP ini, tidak ada yang tahu kapan ikan Hampala ini bertelur.

“Tidak ada larangan untuk memancing ikan Hampala ini di Sungai Citanduy, tetapi komunitas harus sadar diri, jika tiap mancing ikannya diambil, tahun depan belum tentu ikan masih ada di Sungai,” tutur Nurman.

Terkait dengan adanya pembangunan bendungan di sungai Citanduy, Nurman berharap agar ada Kawasan Budidaya Ikan di Sungai Citanduy. “Misalnya 200 meter dari bendungan dilarang mancing sehingga di kawasan tersebut ikan bisa berkembang-biak dan tidak terganggu, ikan pun tidak akan punah.” Pungkasnya.

(Arul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Viral Video Data UMKM Dibuang di Selokan Banjarsari Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Video yang berisi tentang formulir data UMKM dibuang ke selokan Banjarsari Ciamis oleh oknum, viral di media sosial Facebook dan...

Anak KPM PKH Ciamis Kuliah Gratis dan Dapat Uang di STIMIK DCI Tasikmalaya

Berita Ciamis, galuh.id - Anak KPM PKH Ciamis selain mendapatkan kuliah gratis, juga akan mendapatkan uang saku tiap bulannya. Puluhan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM)...

Angin Puting Beliung di Cikoneng Ciamis, Belasan Rumah Warga Rusak

Berita Ciamis, galuh.id - Angin puting beliung yang menerjang wilayah Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan belasan atap rumah warga rusak. Hujan deras serta angin puting...

Temukan Kami

48,134FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya