Minggu, 1 Agustus 2021
Minggu, 1 Agustus 2021
BJB

Izin Turnamen Piala Menpora 2021 Disetujui, Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Izin turnamen piala Menpora 2021 disetujui oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Hal itu setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengadakan pertemuan melalui konferensi pers pada Kamis, 18 Februari 2021.

Rencanaya, Piala Menpora ini akan menjadi gelaran turnamen pra musim sebelum masuk ke liga satu dan akan berlangsung mulai 20 Maret mendatang selama 37 hari.

Adapun penyelenggaraan kick off turnamen akan ada calon tuan rumah sementara, yakni Kota Solo, Sleman, Magelang, Bandung, Semarang, dan Palembang.

Baca Juga: Meski Liga Rehat, Stadion Galuh Ciamis Markas PSGC Tetap Terawat

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan pihaknya akan menggunakan format layaknya sistem kompetisi menu yang nantinya setiap tim akan menjalani laga hom dan away.

Meski begitu, turnamen ini akan menjadi uji coba apakah penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik atau tidak. Jika berjalan dengan lancar, gelaran ajang Liga 1 2021-2022 akan berlangsung sesuai dengan izin Polri.

“Ini sebuah rencana dan kita sudah siapkan, kalau turnamen pramusim berjalan dengan baik, sukses, lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan, maka ini kita sudah rencanakan bagaimana nantinya Liga 1 akan bergulir,” jelas Iriawan pada Kamis, 18 Februari 2021.

Izin Turnamen Piala Menpora 2021 Disetujui, Komisi X DPR RI Memberi Dukungan Penuh

Selain mendapat persetujuan dari kepolisian Republik Indonesia, turnamen pramusim Piala Menpora ini juga mendapat dukungan penuh dari Komisi X DPR RI, AS Sukawijaya.

Pria sapaanya Yoyok Sukawi ini berpendapat jika turnamen Piala Menpora 2021 ini akan mengisi acara sepak bola Indonesia yang mengalami kekosongan selama hampir setahun.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini menjelaskan, kompetensi sepak bola perlu berlangsung untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus penggerak ekonomi bagi pegiat olahraga.

“Masyarakat akan kembali mendapat hiburan. Ekonomi kawan-kawan juga kembali gerap walaupun tidak sebesar sebelum-sebelumnya,” ucap Yoyok sebelum izin turnamen Piala Menpora 2021 ada.

Pihaknya juga menghimbau kepada tim yang berlaga sekaligus kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena belum semua orang menerima vaksin Covid-19.

Selain hal tersebut, Yoyok yang juga mengurus klub PSIS Semarang ini menegaskan jika Piala Menpora 2021 berjalan dengan lancar, PSIS siap berpartisipasi.

Alasan Pemberian Nama Piala Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengaku tidak mengetahui pasti alasan dari nama Piala Menpora sebagai ajang turnamen.

Zainudin baru tahu setelah PSSI mengirimkan permintaan untuk memakai nama Menpora sebagai ajang dari turnamen pramusim tersebut.

Namun ia berpendapat, jika tujuan PSSI memberikan nama tersebut supaya pihak Kemenpora juga ikut terlibat, memantau.

Selain itu sekaligus mengevaluasi acara yang akan berlangsung mengingat situasi pandemi Covid-19 membuat izin tidak mudah untuk didapatkan.

Kendati demikian, Menpora berharap PSSI, LIB (PT. Liga Indonesia Baru (LIB), klub peserta dan suporter dapat patuh terhadap SOP (standard operating procedure). Pastinya terkait protokol kesehatan yang sudah Polri setujui sebelumnya

“Semoga turnamen pramusim bisa terselenggara dengan baik tanpa masalah. Kalau muncul kasus tapi tidak signifikan. Sehingga tidak akan memberikan masalah untuk keluarkannya izin kompetisi,” ujar Menpora dikutip dari CNN indonesia.

Terdapat 20 Tim Sebagai Peserta Turnamen Piala Menpora 2021

Meski hanya berlangsung sebagai turnamen pembuka sebelum berjalannya Liga 1 dan Liga 2. Turnamen Piala Menpora 2021 akan ikut 20 tim dari berbagai daerah.

Nantinya tim tersebut akan terbagi dalam empat grub dengan masing-masing berisi lima klub. Adapun format pertandingan masing-masing grup menggunakan single round robin. Hal ini yang nantinya juara serta tiga runner-up terbaik akan lolos ke babak selanjutnya.

Setelah itu, delapan tim yang lolos akan berhadapan dalam babak knock out dengan sistem single match.

Apabila hasil akhir imbang, maka akan berlanjut dengan babak perpanjangan waktu hingga adu penalti seperti biasanya.

Meski Piala Menpora 2021 akan berlangsung cukup lama, sayangnya seluruh pertandingan akan berlangsung tanpa penonton.

Tidak hanya itu, untuk tim seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, dan Persebaya Surabaya akan melakukan pertandingan di tempat yang netral untuk menghindari kerumunan penggemar.

Izin turnamen Piala Menpora 2021 disetujui ini tentu menjadi sebuah angin segar bagi pecinta sepak bola tanah air. Hal itu mengingat jika acara berjalan dengan lancar maka PSSI akan melanjutkan turnamen ke Liga 1 dari tanggal 11 Juni 2021 hingga 11 Juni 2022. (GaluhID/Hega)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan