Selasa, 3 Agustus 2021
Selasa, 3 Agustus 2021
BJB

Jadwal Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 14

Jadwal pembukaan Kartu Prakerja gelombang 14 belum ada keputusan resmi dari pemerintah, mengingat Kartu Prakerja gelombang 13 baru saja ditutup.

Meski begitu, pemerintah telah berencana akan melanjutkan program ini hingga bulan Maret 2021 mengingat masih banyak masyarakat yang gagal atau belum sempat mengikuti pada tahun lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sendiri mengungkapkan jika untuk awal tahun ini pemerintah menargetkan sekitar 2,7 juta peserta Kartu Prakerja.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi, Apakah Lolos?

Airlangga menjelaskan pemerintah membuka kuota bagi setiap gelombang bagi 600.000 orang peserta dan seperti sebelumnya pendaftaran akan ditutup jika kuota telah terpenuhi.

Saat ini program Kartu Prakerja telah sampai ke gelombang 13 dan pemerintah telah menutup pendaftaran pada Minggu, 7 Maret 2021 lalu.

Informasi terkait penutupan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 bisa masyarkat lihat melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id.

Nantinya, calon peserta tinggal menunggu hasil seleksi dengan cara login ke halaman www.prakerja.go.id dan cek dashboard akun prakerja masing-masing.

Tidak hanya itu, calon peserta juga bisa menunggu SMS pemberitahuan yang pihak manajemen Kartu Prakerja kirimkan melalui nomor yang terdaftar pada akun mereka.

Jadwal Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 14

Meski belum ada informasi resmi mengenai jadwal pembukaan Kartu Prakerja gelombang 14. Jika melihat alur pembukaan pada gelombang-gelombang sebelumnya pelaksanaannya akan sebentar lagi.

Pihak Kartu Prakerja saat ini masih menyeleksi para calon peserta yang mendaftar pada gelombang 13 dan baru mengumumkan hasil seleksi pada Rabu, 10 Maret 2021.

Sehingga ada kemungkinan, pembukaan Kartu Prakerja gelombang 14 akan berlangsung pada Kamis, 11 Maret 2021 atau lebih.

Adapun kuota yang pemerintah sediakan nantinya sebanyak 600 ribu orang dan masih menggunakan sistem seleksi dimana yang memenuhi syarat berhak bergabung dalam program Kartu Prakerja.

Adapun syarat yang wajib calon peserta penuhi sebelum mengikuti program Kartu Prakerja seperti :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Berusia minimal delapan belas (18) tahun.
  3. Tidak dalam atau sedang mengikuti pendidikan formal.

Selain itu program Kartu Prakerja terbuka bagi kalangan umum, seperti :

  1. Pencari kerja atau buruh yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19.
  2. Pekerja atau buruh yang ingin meningkatkan kompetensi kerja.
  3. Para pelaku UMKM yang terdampak pandemi.
  4. Lulusan universitas atau sekolah manapun, baik sekolah unggulan maupun tidak.

Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa tuhatu menyampaikan jika pendaftaran Kartu Prakerja pada tahun 2021 sedikit berbeda daripada tahun sebelumnya.

Untuk saat ini , penerima Kartu Prakerja berlaku maksimal bagi dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK).

Louisa menjelaskan jika hal tersebut supaya bantuan dapat tersalurkan secara merata dan banyak orang yang bisa merasakan dampak bantuannya.

Insentif yang Peserta Dapatkan dalam Program Kartu Prakerja

Meski belum ada keterangan lebih lanjut mengenai jadwal pembukaan Kartu Prakerja gelombang 14. Hal ini para peserta yang lolos akan akan mendapatkan dana sebesar Rp 1 juta untuk mendaftar pelatihan.

Dana ini wajib mereka gunakan untuk membeli pelatihan yang tersedia. Apabila dalam jangka waktu 30 hari tidak belum membeli pelatihan maka pihak Kartu Prakerja akan memasukkan akun tersebut ke daftar hitam.

Sehingga peserta tidak dapat menerima bantuan atau mendaftar pada gelombang-gelombang selanjutnya.

Setelah mengikuti pelatihan satu bulan, peserta bisa mendapatkan bantuan insentif bulanan sebesar Rp 2,4 juta. Nantinya yang akan terbagi dalam empat bulan atau Rp 600 ribu per bulannya.

Kemudian terdapat dana insentif Survei keberkerjaan senilai Rp 50.000 yang akan berlangsung selama tiga kali. Hal ini berarti peserta Kartu Prakerja bisa mendapatkan bantuan tambahan sebesar Rp 150.000.

Bagi masyarakat yang belum mendaftar Kartu Prakerja bisa login melalui website www.prakerja.go.id dan buat akun sesuai panduan yang muncul.

Untuk bergabung dalam program Kartu Prakerja, calon peserta tinggal menekan tombol ‘Gabung’ pada gelombang pendaftaran yang terbuka.

Jadwal pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 14 yang belum rilis saat ini bisa Anda manfaatkan untuk menyiapkan diri. Kemudian tinggal bergabung setelah pihak PMO membuka pendaftarannya. (GaluhID/Hega)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan