Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021
 
 

Jaga Tradisi saat Corona, Disbudpora Ciamis Gelar Pentas Seni Budaya Daring

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Disbudpora Ciamis menggelar pentas seni budaya secara daring. Pentas ini digelar menjelang Hari Jadi kabupaten Ciamis yang ke 378, tepatnya di tanggal 12 Juni.

Hari Jadi Ciamis tahun 2020, dipastikan tak akan seramai seperti tahun-tahun tahun sebelumnya. Sebab, keramaian masih tak dibolehkan di tengah pandemi Corona.

Meski demikian, pentas berbagai konten kesenian dan kebudayaan dari para seniman di Ciamis ini tetap digelar meski secara daring, guna menjaga tradisi.

Pentas seni budaya daring ini ditayangkan secara streaming melalui berbagai media sosial. Seperti YouTube, Facebook dan Instagram. Dengan nama akun Disbudpora Ciamis.

Tayangan disiarkan setiap malam hingga tanggal 12 Juni 2020, pada pukul 19.30 WIB. Masyarakat bisa menyaksikan berbagai aneka kesenian khas Ciamis dari para seniman dan sanggar.

Tujuannya, agar tradisi dalam menyambut hari kabupaten Ciamis tetap meriah meski dilakukan secara daring.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sebelum tanggal 12 Juni hingga beberapa hari setelahnya, di pusat kota Alun-alun Ciamis sudah ramai dengan berbagai pentas seni hingga wayang.

“Program digelar sebagai bentuk apresiasi untuk para seniman. Karena mereka juga salah satu yang terdampak Covid-19 di Ciamis,” ujar Kepala Disbudpora Ciamis, Erwan Darmawan, Selasa (9/6/2020).

Erwan berkata, hingga saat ini masih banyak warga Ciamis yang tak mengetahui kekayaan seni di Ciamis. Dari mulai seni tradisional hingga seni modern.

Pentas Seni Budaya

Maka dari itu, dengan adanya tayangan pentas seni budaya daring tersebut, maka semua kalangan dapat menikmati dan mempelajari kesenian Ciamis.

“Harapannya agar mereka bisa mempelajari dan mencintai. Sehingga kesenian di Ciamis bisa terus lestari dan tak hilang ditelan zaman,” terang Erwan.

Disbudpora memiliki dokumentasi kesenian Ciamis. Hal itu menjadi salah satu kemudahan digelarnya program pentas daring ini. Hingga saat ini sudah ada sekitar 17 kelompok seni yang ditampilkan dari 5 sesi.

“Awalnya kita gelar seminggu 4 kali. Tapi dengan antusias para kelompok seni dan budayawan, tayangan sekarang setiap hari sampai Hari Jadi Ciamis. Tak menutup kemungkinan ke depannya akan terus tayang dan update,” kata dia.

Meski demikian, tak semua konten kesenian dan kebudayaan bisa ditayangkan. Karena ada standar kualitas yang harus diperhatikan. Mulai dari kostum hingga cara penyajian tayangan.

“Bagi yang berminat ikut dan ingin ditayangkan karyanya, dapat langsung menghubungi Disbudpora Ciamis,” pungkas Erwan Darmawan. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Air Batu Sangkala Bolong Situs Ciluncat Ciamis Sembuhkan Penyakit

Berita Ciamis, galuh.id - Mata air Batu Sangkala Bolong yang berada di pesawahan lingkungan Situs Ciluncat Ciamis, punya khasiat menyembuhkan penyakit. Konon kabarnya, bermacam penyakit...

Peluang Ekonomi Ciamis Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2022

Berita Ciamis, galuh.id - Penunjukan kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar 2022 menjadi peluang bagi masyarakat. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan...

Forum Semua Bicara FKB Ciamis, Satukan Persepsi Demi Bangsa

Berita Ciamis, galuh.id - Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Kabupaten Ciamis menggelar acara yang bertajuk Semua Bicara pada hari Kamis (14/1/2021). Kegiatan dalam forum tersebut dengan...

Temukan Kami

48,141FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya