Para siswa sedang mengikuti ujian lomba siswa berprestasi di SMPN 6 Ciamis, Rabu (24/7/2019). Foto: Arul/GaluhID

Ciamis, galuh.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis melalui Kepala Bidang SMPN menggelar lomba siswa berprestasi jenjang SMP se-Kabupaten Ciamis di SMPN 6 Ciamis, Rabu (24/7/2019). Sebanyak 106 siswa dari 123 SMP mengikuti lomba siswa berprestasi.

Kepala bidang pembinaan SMP Dinas Pendidikan Ciamis, Anto Riswanto, mengatakan, dengan diadakannya lomba tersebut diharapkan pendidikan karakter, minat dan bakat para siswa generasi penerus bisa lebih maju dan berkembang.

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini, motivasi dan daya saing yang sehat antar siswa bisa lebih berkembang dan bisa berprestasi lebih,” ujar Anto kepada Galuh ID, Rabu (24/7/2019).

Kata Anto, partisipasi sekolah dalam mengikuti lomba siswa berprestasi ini sangat tinggi.

“Alhamdulilah antusias para siswa dari berbagai sekolah yang mengikuti lomba ini sangat bagus dan kita akan gelar setiap tahunnya agar motivasi siswa untuk berprestasi bisa terus meningkat,” tuturnya.

Menurutnya, yang dinilai dalam lomba siswa berprestasi ini bukan hanya dari kepintaran akademis saja, namun nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari, seperti belajar tanggung jawab, disiplin, kreatif dan keterampilan.

“Dalam lomba ini kami tidak hanya menilai dari segi akademis saja, namun dinilai juga dari moral dalam kehidupan sehari hari, seperti belajar tanggung jawab, disiplin, kreatif dan keterampilan,” paparnya.

Lanjut Anto, sekolah merupakan miniatur kehidupan bermasyarakat sehingga siswa dituntut untuk bisa lebih proaktif.

“Sehingga setelah lulus sekolah, anak akan bisa menerima persaingan hidup di masyarakat,” katanya.

“Sekolah ini miniatur kehidupan bermasyarakat, sehingga kami berharap siswa lebih proaktif, nanti setelah lulus siap menghadapi persaingan hidup di masyarakat,” ucapnya.

Anto menambahkan, dengan diadakannya lomba siswa berprestasi ini, juga akan memicu para guru untuk lebih aktif dan kreatif mendidik siswanya dan sekaligus sebagai bahan evaluasi dalam membimbing siswanya.

“Ini juga bisa menjadi bahan evaluasi bagi para guru dalam membimbing siswanya, sekaligus memicu untuk guru agar lebih meningkatkan dalam membimbing siswanya agar lebih berprestasi,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini