Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Jelang Lebaran, Stok Sapi Siap Potong Melimpah di Ciamis

Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis memastikan stok sapi siap potong selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idulfitri melimpah hingga bisa memenuhi kebutuhan daging sapi bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Otong Bustomi saat ditemui Galuh ID di kantor RKH Jalan Murod Idrus, Cigembor Ciamis.

“Stok sapi se-Kabupaten Ciamis ada sekitar 250 ekor dan 50 dus daging beku, dan itu sudah disimpan di setiap TPH (Tempat Pemotongan Hewan) se-Kabupaten Ciamis,” ujar Sekdis Disnakkan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Otong Bustomi, Rabu (28/5/2019).

H. Otong mengatakan stok sapi dan daging sapi beku sudah dipersiapkan sebelum memasuki bulan Ramadan. Tujuannya untuk menjaga lonjakan kebutuhan daging sapi selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idulfitri. Menurutnya setiap menjelang lebaran konsumsi masyarakat terhadap daging sapi selalu meningkat.

Stok sapi di Ciamis melimpah dan sudah di distribusikan ke setiap TPH se-Kabupaten Ciamis

“Setiap bulan puasa dan menjelang lebaran kami dari Dinas selalu mempersiapkan stok sapi supaya ketika ada lonjakan kebutuhan daging sapi kami sudah siap untuk memenuhinya,” tuturnya.

Sementara itu harga daging sapi masih relatif normal sekitar Rp. 120 ribu per kilogram. Disnakkan memprediksi harga daging sapi akan naik saat Lebaran sekitar Rp 130 ribu per kilogram.

“Kami juga sangat hati-hati dan jeli terhadap kesehatan sapi yang siap potong, sebelum dipotong sapi diperiksa oleh pengawas dan setelah dipotong pun kami cek kesehatan daging dan seluruh isinya,” ungkapnya.

Apabila menemukan sapi yang kondisinya tidak sehat, pihaknya tidak akan memotong dan akan di-apkirkan. Sedangkan jika ada daging sapi yang tidak sehat akan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Pembakaran terhadap daging sapi yang tidak sehat tersebut untuk mengantisipasi agar daging yang tidak sehat, tidak sampai ke tangan masyarakat. Hal ini juga untuk memastikan daging sapi yang akan dijual ke masyarakat betul-betul sehat.

“Kami akan benar-benar selektif dan memastikan daging sapi yang akan dikonsumsi oleh masyarakat Ciamis benar-benar sehat untuk dikonsumsi,” ucapnya.

H. Otong menambahkan, kebutuhan sapi saat Ramadan dan menjelang Lebaran setiap tahunnya mencapai 495 ekor sapi. Sapi tersebut dikirim dari Magetan, Jawa Timur. Sementara kebutuhan sapi pada hari biasa di Kabupaten Ciamis sekitar 15 ekor per hari.

H. Otong juga menganjurkan bagi konsumen yang akan membeli daging sapi ke pasar jangan ‘janjian’ untuk belanja daging sapi bareng-bareng.

“Nantinya akan mempengaruhi harga daging. Kalau nggak janjian bareng-bareng juga akan menghindari kemacetan dan antrian panjang,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,381FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Polsek Ciamis Serahkan Bantuan Pada DKM Saat Jumsih

Berita Ciamis, galuh.id - Polsek Ciamis Kota menyerahkan bantuan pada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Lingkungan Karangsari Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten...

Kecelakaan di Ciamis, 3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun

Ciamis, galuh.id - Tabrakan beruntun di Ciamis, tepatnya terjadi di Jalan R.E Martadinata Kabupaten Ciamis, Senin (26/8/2019). Kecelakaan di Ciamis tersebut melibatkan...

Persaingan Menuju 8 Besar Sangat Sengit, Tim Liga 2 ini Harus Saling Sikut!

Info Liga 2, galuh.id - Persaingan menuju babak 8 besar Liga 2 Indonesia 2019 di wilayah Barat maupun wilayah Timur sangat sengit....

Pak Herdiat Titip Kebanggaan Kami, Buatlah PSGC Ciamis Hebat Kembali!

"Mixing politics and football has been as natural as mixing sambal sauce, well, with pretty much anything," John Duerden,  Fox Sport Asia. Jika di luar...

Bayi di Ciamis Dibuang dalam Kresek Hingga Meninggal

Baregbeg, galuh.id - Warga Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis digegerkan dengan penemuan mayat bayi, Senin (15/07/2019). Jasad...