Kamis, 25 Februari 2021
Kamis, 25 Februari 2021
 
 

Jelang Pemilu 2019, Disdukcapil Ciamis Rekam e-KTP Warga Binaan di Lapas Ciamis

Ciamis, galuh.id – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis melakukan perekaman e-KTP di Lapas Ciamis kelas IIB Kabupaten Ciamis untuk mendata 41 warga binaan yang belum memiliki kartu identitas, Kamis (17/01/2019).

Perekaman e-KTP yang dihadiri oleh KPU dan Bawaslu ini bertujuan untuk mempersiapkan warga binaan dalam pemilihan umum 2019, sehingga warga binaan yang tidak memiliki hak pilih nanti bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

Rusli, selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Ciamis mengatakan bahwa pendataan ini dilakukan atas kerja sama dengan KPU kabupaten Ciamis dan Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Ciamis.

Warga Binaan Lapas Ciamis Kelas II B Kabupaten Ciamis sedang mengantri melakukan perekaman e-KTP untuk persiapan pemilu 2019

“Dalam perekaman ini kita menggunakan aplikasi SIAK melalui sidik jadi untuk mengetahui Nomor Induk Kependudukan,” jelasnya.

Targetnya, perekaman e-KTP ini dilakukan dalam waktu sehari dan Senin mendatang e-KTP sudah bisa dicetak, sehingga warga binaan bisa menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2019 nanti.

Sementara itu, Said Antanjani, Komisioner KPU Kabupaten Ciamis Divisi Program dan Data mengatakan di Lapas Kelas II B Ciamis ini ada dua TPS, yaitu TPS 069 dengan 15 orang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan TPS 70 dengan 16 orang pemilih tetap.

Sementara untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) menurut Said ada 158 orang terdaftar di TPS 069 dan 156 orang lainnya terdaftar di TPS 070. Data tersebut berdasarkan data terakhir dari KPU, sementara sisanya ada sekitar 13 orang warga binaan yang hari ini sedang melakukan perekaman.

“Pendataan ini terus dilakukan mengingat di Lapas Ciamis Kelas II B Kabupaten Ciamis sering berubah dikarenakan keluar masuknya warga binaan dan adanya peralihan warga binaan ke Lapas lain,” pungkasnya.

(Arul)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Resahkan Warga, Sarang Tawon Vespa di Pamarican Ciamis Dievakuasi

Berita Ciamis, galuh.id - Sarang Tawon Vespa yang meresahkan warga Ciamis pada Selasa (23/2/2021) malam berhasil dievakuasi. Berlokasi di rumah Syarief (57) warga Desa Bantarsari,...

18 Nakes di Puskesmas Ciamis Positif Covid-19, 1 Orang Terpapar 2 Kali

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 18 tenaga kesehatan atau nakes di Puskesmas Ciamis positif Covid-19. Sebagian diantaranya ada yang sudah menjalani vaksinasi. Bahkan ada seorang...

Laporan Pansus Ranwal Perubahan RPJMD 2019-2024, Bupati dan DPRD Ciamis Beri Persetujuan

Berita Ciamis, galuh.id - Pantia khusus Rancangan Awal (Ranwal) Perubahan melaporkan hasil kajian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD 2019-2024 Kabupaten Ciamis. Pada Senin,...

Temukan Kami

47,944FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya