Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021
 
 

Keluar dari Bank untuk Produksi Tas Manis Loplop, Tas Kreasi Orang Ciamis

Melihat potensi Ciamis dan masyarakatnya yang produktif menggugah Ujang Aip untuk memanfaatkan potensi tersebut. Resiko kehilangan penghasilan rutin sebagai karyawan bank pun diambilnya untuk menekuni profesi barunya sebagai pengusaha tas. Tas yang diproduksi oleh pengusaha yang memulai usahanya sejak tahun 2015 ini dinamai Tas Manis Loplop.

“Melihat potensi Ciamis yang cukup bagus dan cukup produktif nampaknya Ciamis bisa berkarya seperti kota-kota lain, di situlah kami mulai memanfaatkan peluang dan kebetulan di Ciamis belum ada konveksi pengrajin tas, dan saya memanfaatkan peluang itu untuk produksi Tas Manis Loplop,” tuturnya.

Diakui oleh Ujang Aip jika dirinya juga merasa iri dengan kota-kota tetangga seperti Tasikmalaya dan Garut yang berhasil menghidupkan home industry. Modalnya selain karena melihat Ciamis belum ada yang serius menggarap usaha konveksi tas, pengalaman Ujang Aip sejak kecil berjualan tas bersama orang tuanya membuatnya berani mengambil resiko.

Ketika ditanya tentang kesulitan yang dihadapinya ketika membangun usaha Tas Manis Loplop ini, Ujang Aip menuturkan jika kurangnya SDM jadi tantangan tersendiri karena rata-rata keahlian para penjahit di sekitar wilayah Ciamis adalah penjahit pakaian, sedangkan untuk menjahit tas memiliki tingkat kerumitan yang berbeda dengan menjahit pakaian. Tetapi hal itu tidak membuatnya gentar.

“Namanya usaha terkadang fluktuatif, ada rugi ada untungnya, tetapi kita sudah punya strategi tersendiri dalam mengantisipasi kerugian tersebut. Soalnya banyak yang bergantung dari usaha kami, seperti karyawan. Diharapkan dengan kerjasama dengan karyawan yang sudah berjalan lama bisa meningkatkan penghasilan mereka dan lebih baik,” tuturnya.

Konveksi Tas Manis Loplop di Kertasari Ciamis.

Kini, Ujang Aip sudah 3 tahun resign dari pekerjaannya sebagai pegawai bank, tetapi keputusannya itu telah membuatnya membuka kesempatan kerja pada beberapa karyawan yang dipekerjakannya. Selain produksi Tas Manis di rumahnya di Jalan Bojongsari No. 4, RT 03 RW 11 Dusun Cibuntu, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Ciamis, karyawannya juga tersebar di beberapa daerah di sekitar Ciamis dan Tasikmalaya.

“Jumlah karyawan kami di Ciamis 5 orang, di Tasik 3 orang dan Insya Allah akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya penjualan Tas Manis kami,” lanjutnya.

Sebagai informasi Tas Manis Loplop selain didistribusikan di area lokal sekitar wilayah Ciamis, juga disebar di beberapa daerah seperti Bandung, Semarang, Karawang, Bekasi, Cilacap dan wilayah Indonesia lainnya. Selain dipasarkan melalui toko sendiri, Tas Manis Loplop juga dipasarkan secara online.

“Kalau hari Minggu kita ikut di CFD Taman BMC, kalau hari biasa Senin sampai Kamis, lalu hari Sabtu bisa datang ke rumah Jalan Bojongsari No. 04 RT 03 RW 11 Dusun Cibuntu Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis, atau bisa order melaui nomor HP di 081321976130,” pungkasnya.

Mau tahu kelebihan Tas Manis Loplop hasil kreasi orang Ciamis ini? Yuk sambangi stand tas Pak Ujang Aip ini di CFD Taman BMX Cigembor setiap Minggu pagi. Stand Tas Manis Loplop ada di tengah-tengah ya.

(K. Putu Latief) Ciamis-Galuh ID

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Kantor Desa Cibadak Ciamis Ditutup Sementara, Ada Apa?

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Cibadak, Banjarsari Ciamis tutup untuk sementara mulai tanggal 25 Februari sampai 3 Maret 2021. Penutupan sementara kantor tersebut setelah...

Marak Klaster Perkantoran Covid-19, WFH di Ciamis Diberlakukan Lagi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah kabupaten Ciamis menyiapkan sejumlah upaya agar klaster perkantoran Covid-19 tidak semakin meluas. Penularan virus corona saat ini terjadi di sejumlah...

30 Pegawai BPKD Ciamis Positif Covid-19, Klaster Perkantoran Marak

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 30 pegawai BPKD atau Badan Pengelolaan Keuangan Daerah di Ciamis positif Covid-19. Kabid P2P Dinas Kesehatan Ciamis, Bayu Yudiawan, mengatakan...

Temukan Kami

47,939FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya