Jumat, 6 Agustus 2021
Jumat, 6 Agustus 2021
BJB

Keramat Keraton Sinarmawar Ciamis Tempat Peziarah Ngalap Berkah

Berita Ciamis, galuh.id – Keramat Keraton Sinarmawar Cigembor Kabupaten Ciamis, Jabar, banyak mendapat kunjungan dari para peziarah yang ngalap berkah.

Mak Enoh (77) kuncen Keraton mengatakan konon dulunya lokasi tersebut merupakan tempat tilem atau Moksa Mbah Dalem Sukapura (Sawidak).

Menurut pengakuan Mak Enoh, ia menjadi kuncen di tempat itu lantaran mendapat ilapat atau petunjuk dari alam ghaib.

Selama puluhan tahun menjadi kuncen ia sudah sering mengantar orang untuk mengalap berkah di Keramat Keraton lingkungan Sinarmawar.

“Yang datang ke sini macam-macam keinginan. Dengan jalan berdoa kepada yang maha kuasa. Agar terkabulkan hajatnya,” jelas Mak Enoh, Senin (29/3/2021).

Bagi yang ngalap berkah di Keramat Keraton agar terkabulkan hajatnya harus dalam kondisi suci. Selain itu juga memberikan sesajian lengkap.

Kalau niat datangnya tidak baik atau kondisi orang itu dalam kondisi kotor kata Mak Enoh maka ada akibat yang harus orang itu terima.

Menurut mak Enoh, Mbah Dalem Sukapura tidak suka kepada orang-orang yang tidak baik semisal pezina, pemabuk, penjudi dan juga pencuri.

Kepada orang-orang yang tidak berperilaku baik, Mak Enoh meminta agar jangan pernah datang ke Keramat Keraton.

“Yang berperilaku tidak baik jangan harap bisa datang ke sini, karena dipastikan mereka tidak akan nyampai ke tempat ini. Atau akan kesasar,” ujar Mak Enoh.

Selain tempat tilemnya Mbah Dalem Sawidak, konon Keramat Keraton juga dulunya tempat bertemunya Ratu Anom, Ratu Bonang, Nyai Ratu Arum Sari dan Ratu Naganingrum. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
266PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan