Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Keuntungan Exit Tol Ciamis Jadi Daya Tarik Pariwisata

Berita Ciamis, galuh.id – Keuntungan exit tol Ciamis pada jalur tol Gedebage-Tasikmalaya-Pangandaran menjadi daya tarik tersendiri untuk Ciamis, salah satunya sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis Wasdi Ijudin mengatakan ada potensi wisata pada jalan tol yang melintasi Ciamis ini. Terlebih, exit tol Ciamis beriringan dengan pembangunan bendungan Leuwi Keris.

”Exit tol itu akan beriringan dengan pembangunan bendungan Leuwi Keris. Jadi, bagi Ciamis itu akan sangat menguntungkan. Di sana ada potensi,” ujar Wasdi kepada Galuh ID, Senin (14/9/2020).

Selain itu, Dinas Pariwisata Ciamis juga terbuka untuk pengembangan wisata, baik dari para investor, Desa Wisata, serta yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Menurut Wasdi, Ciamis sebetulnya memiliki banyak potensi wisata namun kecil-kecil. Oleh karena itu, pihaknya mengambil kebijakan dengan mengembangkan Desa Wisata.

”Di pinggir Leuwi Keris itu ada desa, bisa wisata. Atau misalnya pemda punya lahan bekas TPA, bisa dikembangkan. Contoh konkret ada Sayang Kaak kan itu swasta, silakan bisa berkembang,” jelasnya.

Kemudian, desa-desa sekitar misalnya Desa Panyingkiran mau ada menara pandang, lanjut Wasdi juga dipersilahkan untuk dikembangkan agar menjadi daya tarik pariwisata.

Wasdi juga mengatakan bahwa dirinya sudah mengirimkan surat kepada BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citanduy untuk penataan tebing di sekitar Karangkamulyan.

”Nantinya kalau sudah Situ Leuwi Keris, kita sudah merancang untuk wisata air. Intinya kita sudah ada perencanaan. Agar exit tol Ciamis bisa menjadi daya tarik pariwisata,” katanya.

Keuntungan Exit Tol Ciamis Menarik Para Investor

Rencananya, pembangunan jalan tol yang melintasi Ciamis ini akan dimulai pada tahun 2022 setelah pembangunan jalan tol Gedebage dan Tasikmalaya selesai.

Jalan tol yang akan melintasi Ciamis sepanjang 33 kilometer, melewati 4 kecamatan, 22 desa dan 1 kelurahan.

Pembangunan exit tol Ciamis ada di tahap kedua. Sedangkan pembangunan tol tahap yang pertama sampai Tasikmalaya.

Pintu tol pada jalur tol Gedebage-Tasikmalaya-Pangandaran akan ada dua. Satu di Ciamis Kota dan satu lagi di Pamarican untuk exit ke Banjar.

Pintu tol di Pamarican akan dijadikan pintu keluar masuk kendaraan yang akan masuk jalan tol dari Kota Banjar. Dua pintu tol itu menjadi keuntungan tersendiri untuk perkembangan Ciamis.

Dengan adanya pintu tol, akses masuk Ciamis menjadi mudah serta menunjang fasilitas bagi para investor. Selain itu, keuntungan exit tol Ciamis juga dapat menjadi daya tarik pariwisata. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...