Sabtu, 25 September 2021
Sabtu, 25 September 2021
spot_img

Klaim Token Listrik Gratis Bulan Agustus, Cek di Sini Caranya!

Klaim token listrik gratis bulan Agustus perlu diketahui bagi Anda yang menginginkan listrik gratis dari PLN selama pandemi Corona.

Saat ini program listrik gratis dari pemerintah diperpanjang hingga 6 bulan. Tadinya program ini hanya untuk 3 bulan saja dan berakhir pada Juni 2020. Namun pemerintah memperpanjangnya hingga bulan September 2020.

Seperti yang kita rasakan, bahwa era corona ini ekonomi terasa lesu yang tentu mempengaruhi elemen terkecil masyarakat yaitu rumah tangga. Maka dari itu, pemerintah melalui PLN memberikan subsidi kepada masyarakat berupa listrik gratis.

Klaim token listrik gratis bulan Agustus bisa dilakukan sejak bulan April 2020 lalu. Menurut keterangan pers daring dari menteri keuangan Sri Mulyani, pemberian subsidi listrik akan diperpanjang hingga bulan September 2020.

Bantuan ini ditujukan pemerintah sebagai salah satu bentuk kebijakan untuk masyarakat kecil dan  menengah yang terdampak Corona.

Subsidi listrik ini dapat diklaim setiap bulannya oleh pelanggan prabayar secara mandiri, sedangkan untuk pelanggan pascabayar diberikan secara otomatis.

Tentu saja, tidak semua pelanggan PLN akan mendapatkan listrik gratis. PLN telah menetapkan kriteria tententu yang berhak untuk mendapakan subsidi tersebut.

Sebelum melakukan daftar listrik gratis, pastikan dulu bahwa anda merupakan pelanggan PLN  prabayar dengan daya 450 VA yang bersubsidi.

Selain pelanggan PLN daya 450 VA subsidi, bagi pelanggan PLN prabayar dengan daya 900VA subsidi juga berhak mendapatkan token gratis.

Untuk mendapatkan listrik gratis pun tentu saja caranya sangatlah mudah, apakah klaim melalui website PLN atau melalui whatsapp.

Klaim Token Listrik Gratis Bulan Agustus

Untuk melakukan daftar listrik gratis melalui PLN caranya sebagai berikut :

  1. Kunjungi website resmi PLN di www.pln.co.id
  2. Kemudian pilih menu stimulus covid
  3. Jika anda ingin cara yang lebih praktis atau cara cepat, maka anda dapat langsung mengakses link berikut ini: www.stimulus.pln.co.id
  4. Isi data yang ada pada setiap kolom secara benar, terutama ketika anda menginputkan id pelanggan.
  5. Setelah semua data diisi dengan benar, masukan kodde captca dan klik tombol cari
  6. Apabila memang benar bahwa anda merupakan pelanggan PLN yang berhak mendapatkan subsidi, maka di kolom keterangan akan muncul kode angka
  7. Langkah berikutnya adalah menginputkan kode angka tersebut pada KWh meter dan selesai

Untuk mengklaim pulsa listrik gratis via website PLN itu mudah bukan?

Klaim Token Listrik Gratis Melalui WhatsApp

Cara lainnya untuk klaim token listrik gratis bulan Agustus adalah melalui WhatsApp, yaitu cukup melakukan chat dengan pihak PLN saja. Ikuti langkah- langkah berikut ini :

  1. Pastikan anda sudah menyimpan nomor Whatsapp PLN yaitu 08122123123
  2. Mulai chat dengan id pelanggan anda
  3. Kemudian tunggu balasan dari PLN
  4. Selanjutnya ikuti petunjuk sebagaimana yang diminta dalam pesan WA.
  5. Cukup balas dengan angka 1 dan kirim
  6. Tunggu kembali balasan dari PLN yaitu untuk mengirimkan id pelanggan anda
  7. Kirim id pelanggan dan
  8. PLN akan membalas kembali dengan meberikan kode token untuk diinputkan pada KWh meter.

Baca Juga: Dua Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN, Login www.pln.co.id atau WA 08122123123

Lantas bagaimana dengan anda yang termasuk pelanggan PLN pascabayar? Tenang, anda juga akan mendapatkan potongan secara otomatis. Tidak perlu klaim token listrik gratis bulan Agustus melalui web ataupun WA.

Untuk pelanggan PLN dengan beban 900 VA bersubsidi pun sebagian berhak mendapatkan keringanan listrik sebesar 50 persen.

Cukup pastikan bahwa anda merupakan pelanggan PLN 900 VA yang berhak mendapatkan subsidi. Subsidi ini pula berlaku untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar.

Baca Juga: Daftar Listrik Gratis Non Subsidi Bagi Pelanggan PLN 900 VA dan 1300 VA

Cara untuk memastikan yang mudah adalah dengan melakukan pengecekan pada struk pembayaran listrik sebelumya. Lihat pada kolom tarif/daya, apabila pada kolom tersebut terdapat kode R1, maka anda merupakan pelanggan PLN yang berhak mendapatkan keringanan untuk pembayaran listrik.

Langkah yang dilakukan untuk daftar listrik gratis pun sama saja dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Terkecuali untuk pelanggan pascabayar, maka potongan secara otomatis pun akan langsung anda dapatkan setiap bulannya.

Jangan lupa untuk klaim listrik gratis setiap bulannya dan bagi anda yang belum pernah melakukannya maka segera klaim token listrik gratis bulan Agustus. (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan