oleh

Komitmen Kartun Cibadak Banjarsari Tingkatkan Budaya Literasi

Hubungi
 
 

Banjarsari, galuh.id – Karang Taruna (Kartun) Desa Cibadak Periode 2019 – 2022 Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis berkomitmen meningkatkan angka kesadaran literasi masyarakat Desa Cibadak Banjarsari.

Salah satunya dengan menggelar program perpustakaan keliling.

Loading...

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Karang Taruna, Ilham Maulana Malik saat diwawancarai di halaman Madrasah Ibtidaiyah (MI) Persatuan Ummat Islam (PUI) Kaum, Rabu (29/01/2020).

“Seperti bulan-bulan sebelumnya, program perpustakaan keliling ini akan konsisten bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Cibadak untuk tingkatkan literasi masyarakat,” terang Ilham kepada GaluhID.

Sebelumnya unit mobil perpustakaan keliling digelar di halaman Kantor Desa Cibadak. Namun terdapat saran dari berbagai pihak agar tidak hanya di halaman kantor desa saja.

Dia menyatakan mobil perpustakaan keliling disarankan masyarakat agar dapat mengunjungi beberapa sekolah yang ada di Desa Cibadak.

“Setelah melihat respon dari masyarakat, ada saran untuk mengunjungi beberapa sekolah di Desa Cibadak,” ujar Ketua Kartun Cibadak tersebut.

Sementara itu, terlihat pelajar yang antusias dan merasakan nuansa baru dalam kegiatan membaca. Ilham menambahkan, hari ini bersyukur bisa mengunjungi empat sekolah.

Untuk jadwal saat ini unit mobil perpustakaan keliling telah mengunjungi empat sekolah. Diantaranya SDN 1 Cibadak, MI PUI Kaum, MTs dan MA PUI Banjarsari.

Salah seorang Pustakawan di MI PUI Kaum, Harti, mengatakan dengan kehadiran mobil perpustakaan keliling begitu dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak.

Beberapa staf pengajar bahkan pedagang merasa senang dengan adanya mobil perpustakaan keliling. “Bagi para pedagang, dagangannya menjadi laku,” katanya.

Dia melanjutkan, anak-anak menjadi semangat dan antusias membaca. Tidak hanya membaca saja, sikap mengayomi dari beberapa pengurus Kartun saat membimbing anak-anak membaca juga memberikan dampak positif bagi mereka. Menurutnya, anak-anak menjadi antusias dalam membaca.

Harti bersama staf pengajar yang lain berharap karang taruna tetap konsisten pada komitmennya untuk meningkatkan budaya literasi.

“Semoga karang taruna Desa Cibadak bisa lebih maju lagi dan membuat program yang inovatif terkait peningkatan literasi,” pungkasnya. (GaluhID/Maulana)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA