Minggu, 12 Juli 2020
Minggu, 12 Juli 2020
 
 

Komunitas Dibalik Suksesnya Festival Layang Lakbok 2018

Galuh ID – Layang Lakbok “Art and Culture Festival” merupakan sebuah festival berbasis masyarakat yang digagas oleh Paguyuban Pematang Sawah bersama masyarakat Dusun Kedungjarian, Desa Sidaharja dan Dusun Kedungsari Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Paguyuban Pematang Sawah, sebuah kelompok masyarakat sadar budaya yang berorentasi pada pemajuan kebudayaan dan pariwisata di wilayah Lakbok, kabupaten Ciamis. Diadakannya Festival Layang Lakbok terinspirasi dari kebiasaan masyarakat Lakbok setiap kali panen raya yang sering mengadakan lomba layang-layann dengan peserta bisa mencapai 1500 peserta.

Berangkat dari kebiasaan
masyarakat tersebut, Paguyuban Pematang Sawah mencoba untuk mengemas lomba layang-layang tersebut agar bernilai ekonomi, pendidikan, pemberdayaan dan pariwisata. Tujuan dari festival berbasis masyarakat ini adalah pemberdayaan masyarakat, pemajuan kebudayaan, pengembangan pariwisata dan destinasi alternatif wisata baru yang berkelanjutan.

Acara dimulai tanggal 17 Agustus 2018, yaitu dibuka dengan lomba layang-layang malam. Pendaftaran lomba layang-layang malam sendiri sudah dilaksanakan sejak tanggal 20 Juli 2018 dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 2018. Lomba ini memperebutkan hadiah utama yaitu satu unit sepeda motor, sementara juara kedua dan juara ketiga akan memperebutkan beasiswa pendidikan.

Paiso sebagai Direktur Paguyuban Pematang Sawah menyatakan bahwa tujuan dari hadiah berupa beasiswa
pendidikan adalah agar masyarakat lebih sadar arti dari pendidikan bagi anak.
Sementara acara puncak digelar pada tanggal 24 sampai 26 agustus 2018. Berbagai konten acara menarik dipersiapkan oleh panitia diantara adalah Pesta Layang Malam, Lakbok World Musik Festival, Pertunjukan Seni Tradisi, dan Festival Aksara Sunda. Pengunjung juga diajak untuk menikmati beragam kuliner khas Lakbok di Pasar Pematang Sawah “Spesial Layang Lakbok”.

Selain itu panitia dan masyarakat juga menyediakan berbagai paket traveling bagi para wisatawan dan tamu yang akan datang. Salah satu paket wisata yang terbilang cukup ramai diminati adalah paket Camping Ground, dan Paket Ngendong. Kedua paket tersebut
merupakan paket ekonomis bagi para traveler yang berkunjung ke Festival Layang Lakbok. Bagi yang ingin menikmati suasana keramahan masyarakat Lakbok yang lebih eksklusif disediakan juga paket layang malam, paket Lakbok dan paket sabin.

Dengan terselenggaranya festival ini diharapkan mampu memberikan berbagai efek positif bagi masyarakat, seperti pertumbuhan ekonomi, produksi pengetahuan, integrasi sosial, destinasi wisata alternatif dan pemajuan seni dan kebudayaan khas Lakbok.

Zery salah satu fasilitator acara Festival Layang Lakbok mengungkapkan kebahagiaannya setelah suksesnya Festival Layak Lakbok.

“Ternyata masyarakat itu jika ditemani hasilnya jadi luar biasa, bahagia, Alhamdulillah masyarakat senang dan merasakan manfaatnya” ungkapnya.

(Sumber: Press Release Festival Layang Lakbok)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Ketua Dewan Kebudayaan Undang Ridwan Saidi Hari Kamis (20/2/2020) ke Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis yang sekaligus Rektor Universitas Galuh, Dr Yat Rospia Brata mengundang Ridwan Saidi, Budayawan Betawi...

Pria Bacok Selingkuhan Istri di Tasikmalaya, Diduga Dendam Lama

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Seorang pria warga Desa Sirnajaya, Cibalong Kabupaten Tasikmalaya nekad membacok selingkuhan istri, diduga motif pelaku karena dendam lama.

Ini Curhatan Hisyam Tolle Selepas Disanksi Komdis PSSI, Nyelekit…

Info Liga 2, galuh.id - Pemain PSIM Yogyakarta, Achmad Hisyam Tolle dijatuhi sanksi berat oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Tolle disanksi larangan...

Lepas dari Gendongan Pamannya, Bocah 4 Tahun Hanyut di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Upaya pencarian terhadap bocah berusia 4 tahun, Natasya, hanyut di Tasikmalaya yang terbawa arus Sungai Cipinaha terus berlanjut...

Talenta Gadis Cantik Asal Ciamis, Dari MC Sampai Guru Privat

Berita Ciamis, galuh.id - Gadis cantik asal Ciamis ini dikenal sebagai MC (Master of Ceremony) multitalenta. Berbagai acara...