Sabtu, 31 Juli 2021
Sabtu, 31 Juli 2021
BJB

KPM PKH Kecamatan Purwadadi Dapatkan Pelatihan Kewirausahaan

Berita Ciamis, galuh.id – KPM PKH Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis mendapatkan pelatihan keterampilan kewirausahaan di PKH Shop Dusun Sindangsari Purwajaya Purwadadi, Sabtu (6/3/2021).

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut mendapatkan pelatihan keterampilan sebagai bekal menuju kemandirian.

Karena jika KPM PKH tersebut telah mandiri, maka akan mengundurkan diri dari kepesertaan PKH atau Graduasi Mandiri (GM).

Sehingga, nantinya mendapatkan kesempatan untuk yang lain yang belum mendapatkan bantuan sosial beryarat PKH dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Koordinator PKH Kecamatan Purwadadi, Indra Farid Rosama, menyampaikan tujuan dari pelatihan keterampilan kewirasusahaan untuk KPM PKH.

“Tujuannya yaitu untuk memanfaatkan waktu luang ibu-ibu KPM PKH saat pandemi, sehingga meskipun di rumah masih bisa berkreasi,” jelas Indra.

Indra juga menambahkan dengan mengadakan pelatihan tersebut, akan menjadi tambahan penghasilan untuk kebutuhan keluarga sehingga tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah.

“Dengan mendapatkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan keluarga, serta tidak menggantungkan pada bantuan, nantinya keluar dari kepesertaan PKH,” jelasnya.

KPM PKH Kecamatan Purwadadi Kerjasama Dengan Perusahaan

KPM PKH Kecamatan Purwadadi mendapatkan pelatihan keterampilan kewirausahaan hasil kerja sama dengan perusahaan CV. Keluarga Maju Bersama (KMB).

CV. KMB bergerak pada bidang: paper bag, goodie bag, box snack, kertas nasi, tali rapia, tali sepatu dan sedotan minuman.

Sebanyak 25 KPM turut serta mengkuti pelatihan tersebut, 25 KPM tersebut merupakan ketua kelompok yang mewakili dari desanya masing-masing.

Para ketua kelompok tersebut berasal dari tiga desa yaitu Desa Pasirlawang, Desa Purwadadi dan Desa Purwajaya.

Setelah para ketua kelompok mendapatkan pelatihan, nantinya akan menyampaikan pada anggota di kelompoknya masing-masing saat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

Indra juga menyampaikan akan melaksanakan kegiatan tersebut secara road show ke setiap desa di Kecamatan Purwadadi.

“Kami akan melakukan road show pada seluruh desa di Kecamatan Purwadadi, dan nantinya bukan hanya Ibu-ibu KPM saja,” jelas Indra.

Indra juga menambahkan, dengan melibatkan masyarakat sekitar bukan hanya KPM PKH saja, lingkungan sekitar pun akan menyerap manfaatnya.

Kemudian menurut Indra pihaknya akan selalu berupaya untuk mencari inovasi kreatifitas untuk membuat ide-ide termasuk kerja sama dengan perusahaan.

“Pelatihan KPM PKH Kecamatan Purwadadi menjadi salah satu upaya kami, semoga bermanfaat bagi ibu-ibu bukan hanya KPM PKH saja,” pungkasnya.(GaluhId/Ardianysah)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan