Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Kawanan Kucing Liar di Ciamis Serang Ternak Warga

Berita Ciamis, galuh.id – Kawanan Kucing liar di Dusun Ciwahangan, RT 4, RW 10, Desa Baregbeg, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat menyerang pemukiman warga.

Kepala Desa Baregbeg, Owoy, mengatakan, kawanan kucing yang diketahui berjumlah sekitar 7 ekor sempat beberapa kali merusak internit rumah hingga memecahkan jendela milik warga.

“Mengetahui fenomena tersebut berasal dari laporan warga. Ada 5 warga yang melapor di antaranya mengaku mengalami kerugian kerusakan rumah akibat ulah kawanan Kucing,” kata Wowoy, Sabtu (7/8/2021).

Wowoy mengatakan, kawanan kucing liar yang memiliki perawakan cukup besar tersebut sering menyerang ternak milik warga.

Dugaan sementara, kawanan Kucing tersebut ditelantarkan oleh pemiliknya, sehingga kelaparan dan menjadi brutal.

Tidak hanya itu, kata Wowoy, makanan warga yang biasa diletakan di meja pun sering dicuri, dan anehnya lagi kucing itu selalu berkelompok jika mencari makan. Seolah ada pemimpinnya.

“Semenjak banyak ternak hilang dan dimakan kawanan Kucing itu, warga pun inisiatif kembali mengaktifkan ronda,” ungkap Wowoy.

Namun tidak hanya sampai di situ, kawanan Kucing tersebut justru malah lebih berani.

Rudiat, warga Dusun Ciwahangan RT 4 RW 10 mengaku merasa resah dengan munculnya kawanan Kucing liar tersebut.

“Dari peristiwa itu, kami mengalami kerugian jutaan rupiah, karena sudah 3 kali internit rumah jeubol dan kaca jendela pecah,” katanya.

Rudiat mengaku khawatir, lantaran di rumahnya ada balita.

“Jelas itu sangat membahayakan anak kami. Oleh sebab itu kami meminta ketegasan aparat Desa maupun pihak lainnya untuk memanggil para pemilik Kucing agar bisa dipertanggung jawabkan secara hukum,” ungkapnya.

Damkar Ciamis Amankan Kucing Liar di Baregbeg

Sementara itu, Kasub TU UPT Damkar Kabupaten Ciamis, Iding Didi mengatakan, setelah adanya laporan, pihaknya bergerak ke lokasi untuk menangkap kawanan kucing liar tersebut.

“Kami sudah menangkap dan mengevakuasi kucing liar tersebut. Sudah ada 2 ekor yang kami tangkap dan selanjutnya akan diserahkan ke BKSDA Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Menurut laporan dari masyarakat, kawanan kucing liar tersebut sudah sangat meresahkan. Karena sudah tidak ada pemiliknya.

“Bahkan ternak warga seperti Burung, Kelinci, Marmut dan juga Ayam milik warga sering jadi sasaran sasaran santapan Kucing liar tersebut,” ungkap Iding.

Selain itu kata Iding, kawanan kucing liar tersebut juga tidur di atas internit rumah milik warga. Sehingga menyebabkan kerusakan dan jeubol dan juga menyebabkan jendela kaca pecah. (GaluhID/Toni)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan