oleh

Liga 2 Ada Aturan Baru dari PSSI, Apa Itu?

 
 

Info Liga 2, galuh.id – Tim peserta Liga 2 musim depan harus mempunyai tim U-18. Hal ini dibenarkan oleh PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia.

PSSI menegaskan setiap tim yang mengikuti kompetisi Liga 2 musim depan diwajibkan mempunyai tim U-18.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan, sistem promosi ke Liga 1 akan disesuaikan dengan pemenuhan syarat National Club Licensing System.

Secara keabsahan, sebenarnya aturan ini belum diresmikan karena dari pihak PSSI hanya memberikan pernyataan secara lisan. Aturan ini dipastikan akan ditindaklanjuti PSSI sebelum kompetisi musim depan dimulai.

Namun, PSSI melalui Ratu Tisha menyatakan tak akan menerapkan itu pada musim 2020 tetapi mulai 2021.

Salah satu syarat dari National Club Licensing System adalah pembentukan tim U-16, U-18, dan U-20 serta tambahan yang baru, yakni tim putri.

Artinya klub Liga 2 harus memenuhi persyaratan awal National Club Licensing System. Tanpa itu, pada musim 2021, klub juara, runner-up, dan peringkat tiga Liga 2 belum tentu bisa promosi.

Sebab, status promosi ditentukan dari terpenuhinya syarat yang ada dalam aturan National Club Licensing System.

”Yang akan promosi nanti, klub itu memang sudah mendapatkan lisensi nasional dari aturan itu,” ujar Ratu Tisha.

Banyak respon positif dari para pengurus berbagai tim yang saat ini memastikan diri untuk tampil di kompetisi Liga 2 Indonesia yang akan datang.

Hal ini dianggap sangat bagus untuk perkembangan tim peserta Liga khususnya di Liga 2.

Dikutip dari Banjarmasinpost, pelatih Martapura FC, mengatakan, jika regulasi tersebut menang harus ditetapkan, pihaknya akan segera mempersiapkan perencanaan dari PSSI tersebut.

“Saya sudah mendengar hal itu. Sangat bagus namun kita tunggu regulasi resminya,” kata pelatih Martapura FC, Frans Sinatra Huwae.

Frans menambahkan, jika aturan tersebut sudah ditetapkan oleh PSSI, pihaknya akan mencari talenta-talenta muda dan berbakat khususnya dari Kabupaten Banjar untuk menyokong pemain-pemain yang nantinya akan bermain di tim Martapura FC. (GaluhID/AR7)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA