Sabtu, 12 Juni 2021
Sabtu, 12 Juni 2021
BJB

Listrik Gratis Bulan Februari 2021 Lewat Situs PLN dan Aplikasi PLN Mobile

spot_img

Listrik gratis bulan Februari 2021 sudah bisa masyarakat dapatkan dengan mengunjungi situs PLN atau mengunduh aplikasi PLN Mobile.

Target dari layanan stimulus tenaga listrik ini masihlah sama seperti bulan-bulan sebelumnya, yakni para pelanggan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Meski terdapat perbedaan yakni pelanggan Rumah Tangga daya 459 VA akan mendapatkan token listrik gratis secara penuh. Sementara Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi hanya mendapatkan diskon 50 persen.

Baca Juga: Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Sampai Maret 2021 lewat www.stimulus.co.id dan PLN Mobile

Tidak hanya itu, program listrik gratis ini juga berlaku bagi golongan UMKM, bisnis kecil, atau industri kecil dengan daya 450 VA.

Adapun total penerima dari stimulus listrik gratis dari PLN mencakup lebih dari 33,7 juta pelanggan. Meski begitu, terdapat pembatasan layanan token listrik gratis PLN pada tahun 2021 ini.

Nantinya, pelanggan pasca bayar dari golongan 450 VA hanya mendapatkan listrik gratis untuk pemakaian 720 jam atau setara 324 kWH.

Kemudian, pelanggan pascabayar golongan 900 VA bersubsidi hanya hanya mendapatkan listrik gratis untuk pemakaian 720 jam atau 648 kWH.

Baik bagi pelanggan 450 VA atau 900 VA bersubsidi ini, apabila pemakaiannya sudah melebihi batas yang ditentukan. Maka akan dikenakan tarif normal seperti biasanya.

Listrik Gratis Bulan Februari 2021

Tidak hanya pemakaian tarif saja yang berbeda, untuk mendapatkan listrik gratis bulan Februari 2021 juga sedikit berbeda daripada tahun sebelumnya.

Jika pada tahun 2020, mendapatkan token listrik gratis bisa melalui layanan WhatsApp PLN dan situs resmi PLN. Untuk sekarang pelanggan hanya bisa mengklaim lewat aplikasi PLN Mobile dan situs PLN saja.

Hal tersebut bertujuan untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi pelanggan dengan hanya bermodalkan satu aplikasi saja.

Untuk detail lebih lengkap, ikuti petunjuk berikut:

Aplikasi PLN Mobile

Untuk mendapatkan listrik gratis bulan Februari 2021, pelanggan bisa mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile.

Aplikasi ini bisa masyarakat dapatkan melalui Play Store atau App Store sesuai dengan sistem operasi dari smartphone yang digunakan.

Setelah terpasang, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi PLN Mobile
  2. Login dengan akun Google atau email sebelum melanjutkan.
  3. Setelah muncul beranda yang berisi informasi nama dan nomor ID pelanggan, tekan menu ‘PLN Peduli Covid 19’ pada bagian Info & Promo.
  4. Selanjutnya, masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran.
  5. Pilih tombol ‘Kirim’ untuk memproses data.
  6. Token listrik gratis dari PLN akan muncul pada layar dan Anda bisa memasukkannya ke stand meteran sesuai dengan ID atau nomor meteran yang terdaftar sebelumnya.

Situs PLN

Apabila Smartphone Anda tidak bisa untuk menginstal aplikasi PLN Mobile. Cara mendapatkan listrik gratis bulan Februari 2021 masih bisa melalui situs PLN, www.pln.co.id.

Untuk detail lebih lengkap, ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Buka alamat www.pln.co.id atau gunakan mesin pencarian Google dengan menuliskan kata kunci ‘PLN’.
  2. Setelah itu, akan muncul portal pelanggan. Pilih menu ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
  3. Akan muncul formulir stimulus listrik gratis. Masukkan data seperti ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom yang sesuai.
  4. Masukkan juga kode Captcha atau kode verifikasi yang tampil pada layar.
  5. Jika kode ini tidak muncul, tekan tombol ‘Refresh’ untuk memuat ulang.
  6. Pastikan kembali data yang terinput sudah benar. Setelah itu, tekan tombol ‘Cari’.
  7. Jika ID atau nomor meteran memenuhi syarat sebagai penerima bantuan, halaman website akan menampilkan token listrik gratis.
  8. Token ini bisa Anda input ke stand sesuai dengan ID atau nomor meteran yang terdaftar sebelumnya.

Meski aturan pada program listrik gratis dari PLN pada tahun 2021 sedikit berbeda. Masyarakat tidak perlu khawatir karena pemerintah masih akan menjalankan program ini hingga bulan Maret mendatang.

Hal ini tentu tidak lepas dari tujuan untuk mengembalikan daya beli masyarakat akibat masa pandemi yang cukup lama.

Listrik gratis bulan Februari 2021 tentu bisa menjadi salah satu bantuan yang sangat bermanfaat, mengingat kebutuhan listrik sudah menjadi hal umum untuk saat ini. (GaluhID/Hega)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan