Kegiatan pembinaan sekolah sehat berkarakter oleh TPUKS di Aula SMKN1 Ciamis, Kamis (11/7/2019). Foto: Arul/GaluhID

Ciamis, galuh.id – Lomba sekolah sehat berkarakter tingkat nasional, SMKN 1  Ciamis jadi satu-satunya sekolah di kabupaten Ciamis yang mewakili provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Dra Ika Karniadi Sardi M.MP.d, Kepala SMKN 1 Ciamis kepada Galuh ID. Kata dia, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk mengikuti lomba sekolah sehat berkarakter yang akan dinilai tanggal 30 Juli 2019 mendatang.

“Kami terus berupaya mempersiapkan diri sebelum nanti penilaian tanggal 30 Juli 2019, saat ini kami terus melengkapi kekurangan-kekurangan, dari hasil penilaian Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TPUKS) ini baru 90%,” ujar Ika saat kegiatan pembinaan sekolah sehat berkarakter oleh TPUKS di Aula SMKN1 Ciamis, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, Dalam penilaian sekolah sehat berkarakter tidak hanya memiliki fasilitas UKS yang representatif dan lingkungan bersih, namun semua siswa dan guru yang berada di lingkungan sekolah harus memiliki karakter yang baik dan bisa menjaga lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan ramah anak.

“Dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan ramah anak, terlebih dahulu kita harus memiliki kesadaran dari diri sendiri dulu untuk berperilaku baik, sehingga nantinya akan muncul suasana yang aman, nyaman di lingkungan sekolah,” tuturnya.

Saat ini pihak sekolah sudah memberikan fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan siswa dalam belajar. Salah satunya dengan membuat gazebo yang menyediakan buku, agar siswa membaca siswa dengan lebih santai dan nyaman.

“Hal-hal kecil pun kami perhatikan demi kenyamanan siswa untuk lebih bersemangat untuk belajar sehingga tercipta suasana lingkungan sekolah yang sehat, bersih, nyaman dan ramah anak sehingga tercipta prestasi yang bisa mengharumkan nama sekolah,” ucapnya.

Ika berharap lomba sekolah sehat berkarakter tahun 2019, SMKN 1 Ciamis bisa menjadi juara 1 tingkat nasional yang bisa membawa nama harum Kabupaten Ciamis. Rencananya jika menang, maka penghargaan akan diberikan di Jakarta tanggal 17 Agustus 2019 nanti.

“Mudah-mudahan kita diberikan kelancaran dalam mempersiapkan lomba sekolah sehat berkarakter tingkat nasional dan bisa menjuarainya, mohon doa dan dukungannya dari semua pihak agar cita-cita ini bisa terwujud,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini