Jumat, 7 Oktober 2022
Jumat, 7 Oktober 2022
More

    Macan Tutul Ditangkap Warga Lumbung, Ciamis

    Galuh ID– Seekor macan tutul yang kerap memakan ternak warga selama 3 bulan terakhir akhirnya tertangkap warga di Dusun Cikupa, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis pada Jum’at (28/9/2018).

    Bukan perjuangan mudah untuk menangkap macan tutul tersebut, warga yang sudah geram dengan macan yang kerap memangsa ternak warga ini memasang perangkap pada Kamis malam (27/9/2018) berupa kandang anjing dengan umpan di dalamnya. Umpan yang dipakai untuk memancing macan adalah bangkai anjing yang mati akibat diterkam macan sebelumnya.

    Iklan

    Umpan tersebut rupanya menarik ‘perhatian’ macan, macan yang ingin memakan umpan teraebut akhirnya terperangkap di dalam kandang. Macan yang mempunyai panjang sekitar 1,5 meter ini kemudian menjadi tontonan warga. Warga yang ingin menonton kemudian dikenakan karcis 5000 rupiah.

    Menurut Asna Maulana Sidik, tokoh masyarakat setempat, bukan kali ini saja macan tutul turun gunung dan memangsa ternak warga. Tercatat sudah empat kali kejadian seperti ini, yaitu tahun 2012, 2014, 2015, dan 2018.

    “Memang selama beberapa bulan terakhir warga sering diteror, bahkan ada warga yang sempat melihatnya sedang berkeliaran sekitar permukiman warga. Kalau hewan ternak yang dimangsa sudah cukup banyak, seperti 2 ekor domba dan beberapa ekor ayam,” ujar Asna.

    Selanjutnya Asna mempersilahkan jika pihak terkait, BKSDA akan mengambil macan tutul tersebut, tetapi Asna menghimbau agar ada kompensasi untuk warga yang ternaknya dimakan warga.

    Iklan

    “Menurut kami wajar bila ada kompensasi dari instansi terkait, atas usaha masyarakat dalam melindungi macan dan sekaligus melindungi diri sendiri dari ancaman satwa liar ini,” tuturnya.

    Selain itu Asna juga berharap agar pihak terkait bisa mencegah macan tutul turun gunung, minimal dengan membangun pagar pembatas atau benteng di kaki gunung agar macan tidak lagi meneror dan mengancam keselamatan warga.

    “Sekarang hanya ternak yang dimangsa. Jangan sampai yang jadi korban itu manusia,” tegasnya.

    (K.P Latief/ Dadang)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

     
     

    TEMUKAN KAMI

    185,970FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    376PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan