Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Mahasiswa STIKes Muhamadiyah Ciamis Siap Jadi Relawan Vaksinator

Berita Ciamis, galuh.id – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhamadiyah Ciamis menyatakan kesiapannya untuk menerjunkan mahasiswa ke dalam penanganan Covid-19.

“Saat ini sudah ada 441 mahasiswa-mahasiswi yang siap terjun dan terlibat dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis,” ucap H. Asep Gunawan, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Muhammadiyah Ciamis kepada galuh.id, Jumat (6/8/2021).

Ia menerangkan, ada beberapa prodi yang akan terlibat untuk menjadi relawan vaksinator. Yakni S1 Ilmu Keperawatan, D3 Keperawatan, D3 Profesi Ners, dan D3 Kebidanan.

Sedangkan mahasiswa Prodi D3 Farmasi dan D3 Analis Kesehatan siap menjadi relawan petugas P-Care maupun Screening.

“Jadi, jika memang dibutuhkan untuk menjadi relawan, STIKes Muhammadiyah Ciamis sudah siap SDM-nya,” ujarnya.

Mahasiswa yang siap terjun dalam penangan Covid-19 tentunya dari tingkat 3. Mahasiswa pilihan yang dinilai memiliki kompetensi serta sehat jasmani dan rohani.

“Secara kompetensi, mereka dari awal sudah memiliki pembekalan tentang cara menyuntik dan cara kompetensi lainnya sesuai Prodinya masing-masing,” tuturnya.

Apabila diminta, STIKes Muhammadiyah akan mengondisikan mahasiswanya. Karena sampai saat ini mahasiswa masih belajar daring.

Pihaknya akan memanggil mahasiswa/mahasiswi untuk melakukan pengabdian dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Nantinya, STIKes Muhammadiyah Ciamis akan mempersiapkan mahasiswanya sesuai kebutuhan.

Misalkan kebutuhan untuk P-Care yang berhubungan dengan pendataan maupun registrasi.

Kemudian untuk relawan Screening yang berhubungan dengan pemeriksaan fisik maupun koordinasi dengan dokter.

Selain itu, juga relawan vaksinator dan relawan observasi pasca penyuntikan vaksin.

Asep mengungkapkan bahwa pihaknya sebagai aset di Kabupaten Ciamis yang berhubungan dengan Perguruan Tinggi Kesehatan siap mengabdikan diri.

“Kemarin juga alhamdulilah dari Bupati Ciamis dan Kapolres sudah mengumumkan ke seluruh Puskesmas. Bahwa STIKes Muhamadiyah Ciamis secara prinsip siap untuk terlibat,” pungkasnya. (GaluhID/Tony)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan