Minggu, 29 November 2020
Minggu, 29 November 2020
 
 

Masjid di Ciamis Dijadikan Tempat Belajar Siswa, Ini Dampak Positifnya

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Masjid di Ciamis dijadikan tempat belajar siswa yang belum bisa belajar di sekolah masing-masing.

Digunakannya masjid sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar mendapat komentar positif dari pemerhati pendidikan Ciamis, H. Wawan S Arifien.

Tempat Belajar Siswa

H. Wawan menyampaikan banyak hal positif jika masjid di Ciamis dijadikan tempat belajar siswa, sebelum pemerintah memutuskan membuka kembali sekolah.

“Anak-anak akan kembali ke masjid, suasana masjid yang berbeda dengan kelas akan membawa dampak positif bagi siswa,” jelasnya, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Namun tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis ini, terdapat hal lain yang harus diperhatikan saat siswa belajar di masjid.

“Ada hal lain yang jangan sampai dilupakan, bahwa masjid itu beda dengan kelas atau ruang lainnya,” jelas H. Wawan.

Karena terdapat adab saat akan masuk dan di dalam masjid, sehingga guru harus mengajarkan untuk membaca doa ketika masuk masjid.

“Anak-anak harus diajarkan doa masuk masjid, dan dibiasakan membaca doa ketika masuk, kemudian biasakan shalat tahiyatul masjid,” tambah H. Wawan.

Masjid Jadi Tempat Alternatif Belajar

Belum adanya pemberitahuan atas intruksi dari pemerintah dibukanya sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, membuat pihak sekolah mencari alternatif.

Diantaranya dengan luar jaringan (Luring) atau guru keliling (Gurling), sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar di Sekolah.

Terdapat pilihan untuk kegiatan belajar mengajar, diantaranya di rumah orang tua siswa yang sebelumnya siswa dibagi zona serta kelompok.

Kemudian terdapat pilihan lainnya sesuai dengan kesepakatan bersama guru dan juga orang tua siswa, yaitu balai kampung dan masjid.

Masjid di Ciamis dijadikan tempat belajar siswa, sebagai pilihan dari tempat lainnya yang telah disepakati bersama.

Masjid menjadi pilihan karena terdapat hal positif yang akan diterima oleh siswa ketika kegiatan belajar mengajar dilakukan di masjid.

Hal positif lainnya menurut H. Wawan, jika kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 08.00, siswa terlebih dahulu bisa salat Dhuha.

“Kami mendukung kegiatan tersebut, selama diterapkan juga physical distancing, bermasker, cuci tangan dan tidak bersalaman,” jelas H. Wawan.

H. Wawan menambahkan, masjid di Ciamis dijadikan tempat belajar siswa, harus menerapkan protocol kesehatan untuk keamanan serta kenyamanan bersama. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

Artikel Terkait

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Bank Sampah Ciamis Juara 1 Astra Award Competition

Berita Ciamis, galuh.id - Bank Sampah Ciamis Juara 1 tingkat Nasional Astra Award Competition. Ratusan Bank Sampah seluruh Indonesia mengikuti Kompetisi ini....

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Avanza Seruduk Rumah Warga di Pamarican Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Sebuah mobil avanza berwarna silver menabrak pagar rumah milik warga hingga ambruk di Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/11/2020).

Bangkitkan Kepercayaan Politik, 4 DPC BMI di Jabar Resmi Dilantik

Berita Jabar, galuh.id - Bintang Muda Indonesia atau BMI di Jabar dilantik. Yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

Profil Diego Maradona, Legenda Sepak Bola Argentina

Profil Diego Maradona menggambarkan kesuksesan sepak bola Negara Argentina. Ia juga banyak mempersembahkan gelar prestisius untuk klub dan negaranya.

Harga HP Realme Narzo 20 Pro, Ketahui Beberapa Fitur Unggulannya!

Harga HP Realme Narzo 20 Pro sangat spesial karena terjangkau dan bersahabat bagi semua kalangan pada pasar Indonesia. Seperti...