Selasa, 3 Agustus 2021
Selasa, 3 Agustus 2021
BJB

Mau Ikut Seleksi Beasiswa LPDP 2020? Catat Link Pendaftaran dan Syaratnya

Seleksi beasiswa LPDP 2020 segera dibuka pada bulan ini. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para calon peserta yang berminat mendaftar untuk menjadi peserta LPDP 2020.

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Ini adalah sebuah realisasi dari cita-cita pemerintah memperbaiki sumber daya manusia (SDM) dari ketertinggalan terutama di sektor pendidikan.

Pada tahun 2010, pemeritah menyepakati Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dari sebagian dana APBN-P. Hal tersebut merupakan amanat undang-undang. Sekurang-kurangnya 20% dari dana APBN dialokasikan untuk kepentingan pendidikan.

Menkeu dan Mendikbud membuat kesepakatan mengenai dana pengelolaan DPPN dan pemanfaatan hasil pengelolaannya. Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Nomor 252/PMK.01/2011 tanggal 28 Desember 2011, maka dibentuklah LPDP.

Sri Mulyani yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, menetapkan Organisasi dan Tata Kelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP menjadi sebuah lemabaga non eselon yang menanggungjawabi pengelolaan dana tersebut.

LPDP ditetapkan sebagai instansi pemerintah pada tahun 2012 melalui keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012. Berkaitan dengan hal tersebut, LPDP menerapkan pola keuangan badan layanan umum.

Baca Juga: LPDP 2020 Segera Dibuka! Catat Tanggal dan Jenis Beasiswanya

Program beasiswa yang disediakan adalah untuk jenjang beasiswa S2 dan beasiswa S3. Hal itu memang lebih diutamakan untuk memperkuat langkah pendidikan di Indonesi agar mampu bersaing dalam persaingan global.

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan