Jumat, 22 Januari 2021
Jumat, 22 Januari 2021
 
 

Memaknai Ngaliwet Sebagai Warisan Budaya Lokal

Tradisi makan nasi liwet “ngaliwet” dikalangan orang sunda sudah menjadi budaya populer. Tradisi ini memiliki keunikan tersendiri dengan banyak menyimpan sarat makna.

Memaknai “Ngaliwet” dari sudut pandang pembuatannya berarti memasak nasi yang ditanak sekaligus dengan campuran bumbu-bumbu tradisional. Biasanya nasi liwet dimasak pada kastrol dengan teknik tertentu. Terkadang komposisi antara beras, air, bumbu, minyak kelapa, serta santan ditanak pada tempat sekaligus. Untuk menambah aroma nasi liwet biasanya diselipkan daun sere dan salam.

Keunikan yang kedua adalah cara penyajiannya, nasi liwet tanpa menggunakan piring, tetapi menggunakan daun pisan yang tertindih nasi liwet yang panas ini menambah aroma khas yang sangat luar biasa, sehingga akan menggugah selera makan kita.

Biasanya, untuk lauknya kita bisa memilih apa saja sesuai dengan selera dan modal keuangan. Yang menjadi favorit, nasi liwet disajikan bersama ikan asin, ayam bakar, ikan bakar, yang ditambah dengan lalapan, sambal, dan kerupuk.

Hal unik ketiga, adalah semua bekerja sama dan memiliki tugas dan peran masing-masing. Setiap orang ada yang menyiapkan alat dan bahan, memasak, membuat sambel, dan menyiapkan lauk pauknya.
Dari tradisi inilah kita bisa belajar betapa indahnya kebersamaan. Tradisi ini perlu dilestarikan agar anak cucu kita bisa merasakan.

Cara makan nasi liwet yang unik seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan. Biasanya ngaliwet akan diadakan diluar rumah seperti di kebun, di kolam, di sungai, di pantai.

Ngaliwet sisi balong/Ciherang/Banjarsari/Ciamis/Jawa Barat/Indonesia.
(Yanyan Iskandar) GALUH ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Evaluasi PPKM di Ciamis, Penanganan Covid-19 Membaik

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis menggelar rapat evaluasi terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rapat evaluasi tersebut berlangsung di Sekretariat Satgas...

Parkir Tahunan Ditolak, Ciamis Akan Audensi ke Pemprov Jabar

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis merencanakan adanya retribusi parkir tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pemprov Jabar menolak kebijakan itu. Padahal, kebijakan retribusi parkir...

Hari ke-10, Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Sosialisasi PPKM

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak hari pertama. Sosialisasi dan edukasi tersebut...

Temukan Kami

48,118FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya