Rabu, 30 September 2020
Rabu, 30 September 2020
 
 

Mencerahkan Wajah Kusam, Coba Skincare dengan Zat-zat Ini!

Jika Anda ingin mencerahkan wajah kusam, maka Anda perlu mempelajari kondisi kulit. Beberapa orang ada yang bisa menjadi lebih cerah hanya dengan perawatan sederhana. Tetapi ada pula yang memerlukan perawatan rumit supaya mendapat hasil.

Lantas, bagaimana jika sudah mencoba berbagai macam cara namun tak kunjung berhasil? Baca tips ini agar usaha yang Anda lakukan tidak percuma. Merawat kulit agar menjadi lebih cerah akan menjadi mudah jika sudah menemukan produk yang tepat.

Tips Mencerahkan Wajah Kusam

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencerahkan wajah yang terlihat kusam. Berikut penjelasannya:

Kenali Jenis Kulit

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis kulit. Dengan mengetahui jenis kulit, Anda akan lebih mudah dalam memilih produk skincare. Kulit berminyak tidak bisa menggunakan produk yang dikhususkan untuk kulit kering. Begitu pun sebaliknya.

Umumnya jenis kulit orang Indonesia adalah kombinasi normal berminyak. Kondisi ini ditandai berminyak sekitar area T Zone (dahi, hidung, dan dagu). Sekitar mata dan pipi tampak normal, adapula yang cenderung kering.

Baca Juga: Menghilangkan Jerawat Batu dalam Hitungan Minggu

Untuk jenis kulit berminyak, ukuran pori-pori biasanya terlihat jelas. Sehingga perawatan yang Anda gunakan tak hanya harus mengontrol minyak, tapi juga membersihkan pori-pori. Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat jika tidak dibersihkan dengan benar.

Jika kulit Anda mudah kering, pastikan Anda memilih produk yang dapat melembabkan. Karena kulit kering lebih cepat muncul keriput, perawatan anti penuaan seringkali dilakukan lebih awal. Biasanya setiap kali selesai mencuci wajah, kulit terasa sangat kaku.

Memilih Produk yang Tepat untuk Wajah

Untuk mencerahkan wajah kusam, Anda perlu menggunakan skincare dengan kandungan zat-zat ini. Setelah mengetahui jenis kulit Anda, akan lebih mudah menentukan mana yang bisa langsung dicoba.

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA yang juga memiliki nama lain glycolic acid ini terkandung dalam banyak kosmetik. Fungsinya bisa mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah tanpa membuatnya kering. Sehingga AHA ini aman digunakan oleh jenis kulit kering.

Beberapa kosmetik yang mengandung AHA adalah Wardah Lightening Series, Wardah White Secret, dan Hada Labo AHA BHA Mild Peeling Face Wash. Sedangkan untuk produk Korea bisa didapat dari Some By Mi AHA BHA PHA Miracle Series dan COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid.

Beta Hydroxy Acid (BHA) juga dapat meng eksfoliasi sel kulit mati, namun ia bekerja lebih dalam ke pori-pori. Maka dari itu BHA bekerja lebih baik di kulit berminyak.

Alpha Arbutin

Untuk Anda yang memiliki masalah flek hitam, skincare dengan kandungan alpha arbutin bisa menjadi pilihan.

Alpha arbutin tak hanya mencerahkan wajah kusam, tapi juga meratakan warna kulit. Alpha arbutin dapat bekerja ke seluruh wajah atau pada titik-titik tertentu.

Produk yang mengandung zat ini adalah The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA. HA adalah kepanjangan dari Hyaluronic Acid, suatu zat yang dapat mengikat air di permukaan kulit. Produk ini digunakan sebagai serum. Anda bisa meneteskannya di area tertentu atau ke seluruh wajah.

Umumnya flek hitam muncul pada usia 30 tahun ke atas. Penggunaan hyaluronic acid juga sangat dibutuhkan di usia tersebut, karena kemunculan keriput bisa disebabkan oleh kulit yang sangat kering.  

Niacinamide

Sementara itu, niacinamide juga dapat mencerahkan wajah kusam. Zat yang merupakan turunan dari vitamin B ini bekerja jauh lebih cepat di kulit berminyak dan normal kombinasi. Selain itu niacinamide juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang merah-merah.

Beberapa kosmetik yang mengandung niacinamide atau vitamin B adalah Garnier Sakura White Serum Cream, Olay Regenerist Whip Active Moisturizer, Some By Mi Yuja Niacin Series dan Sulwashoo Snowise Brightening Spot Treatment.

Pastikan Anda memakai tahap-tahap skincare harian yaitu: pembersih, penyegar, pelembab, dan proteksi.

Pemakaian tabir surya diperlukan sebagai proteksi dari sinar matahari. Karena jika Anda terkena sinar matahari sedikit saja, dampaknya mungkin tidak langsung terlihat. Tetapi bertahun-tahun kemudian bisa muncul flek membandel.

Untuk mencerahkan wajah kusam memang diperlukan kesabaran. Saat membeli produk, tanyakan kepada penjual apakah produk tersebut sudah memiliki ijin edar BPOM ada FDA. Penggunaan kosmetik racikan tidak diperbolehkan tanpa pengawasan ahli dermatologi. (GaluhID/Elsa)

Loading...

Artikel Terkait

Rahasia Cantik Chelsea Islan, Perawatannya Pakai Bahan Ini!

Rahasia Cantik Chelsea Islan tentunya menjadi pertanyaan banyak kaum hawa. Mungkin beberapa persepsi lain memiliki pandangan bahwa dia memang sudah cantik dari...

Manfaat Toner Air Mawar, Wajah Cantik dan Terawat

Manfaat toner air mawar bagi wajah cukup banyak dan harganya terjangkau. Produk kecantikan yang terbuat dari sari-sari kelopak bunga mawar asli ini...

Menjaga Mata Tetap Sehat, Konsumsi Makanan Ini

Menjaga mata tetap sehat perlu dilakukan agar penglihatan terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat. Jika mata menjadi rabun, maka Anda perlu...

Temukan Kami

48,723FansSuka
189PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai November 2020

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI telah mengumumkan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga bulan November 2020. Hal ini dikarenakan...

Update Level Kewaspadaan Covid-19, 5 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah

Berita Jabar, galuh.id – Sebanyak 5 daerah di Jabar masuk zona merah. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan...

Tanaman Janda Bolong Termahal, Bagaimana Cara Merawatnya?

Tanaman Janda Bolong termahal ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pada media sosial, sejumlah netizen tak henti membagikan foto Janda Bolong melalui...

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...