Rabu, 27 Januari 2021
Rabu, 27 Januari 2021
 
 

Mendagri Tunda Pilkades, Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Sopwan Ismail menanggapi mendagri tunda Pilkades melalui surat dari Kemendagri yang memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pilkades serentak.

Menurut Sopwan, surat yang dilayangkan Kemendagri pada tanggal 10 Agustus 2020 tersebut sesat pikir.

Baca Juga: Kunjungi Kemendagri, Bupati Upayakan Pilkades Ciamis Tetap Digelar

Dalam surat itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut menunda pelaksanaan Pilkades dengan alasan suksesnya Pilkada.

Sopwan mengatakan, konteks Ciamis sebagai wilayah yang tidak menyelenggarakan Pilkada dengan alasan suksesnya Pilkada, tak ada relasi yang logis.

”Bahwa dengan menyelenggarakan Pilkades akan mengganggu pelaksanaan Pilkada di daerah lain. Itu relasi yang tak logis,” kata Sopwan, Selasa (11/8/2020).

Terkait kehawatiran terjadi penyebaran covid-19, kata Sopwan, hal ini terjawab dengan mulai dibolehkannya berbagai kegiatan umum lainnya dengan menerapkan standar protokol corona.

Dengan demikian, tidak perlu ada kehawatiran penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Ciamis dapat meningkatkan potensi penyebaran Corona.

”Pilkades di Ciamis sudah dipersiapkan. Akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol Corona secara ketat. Jadi, ya tak perlu khawatir,” ujarnya.

Mendagri Tunda Pilkades, Keuangan Daerah Terganggu

Tahapan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak di Ciamis saat ini sudah memasuki tahap akhir. Bahkan, empat hari menjelang hari pelaksanaan Pilkades.

Artinya, semua anggaran pelaksanaan sudah terdistribusi habis. Menurut Sopwan, jika Pilkades di Ciamis dibatalkan maka akan sangat mengganggu kondisi keuangan daerah.

”Sudah memasuki tahapan akhir Pilkades ini. Jika dibatalkan akan sangat mengganggu kondisi keuangan daerah,” jelasnya.

Sopwan menambahkan, status Ciamis terkait penyebaran Covid-19 pada posisi bagus dengan nol kasus positif PCR. Sehingga sangat memungkinkan untuk digelarnya Pilkades.

Keputusan Pilkades Ciamis Diumumkan Besok

Setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, Pemerintah kabupaten (pemkab) Ciamis memutuskan untuk melanjutkan tahapan Pilkades di 143 desa.

Rencananya, Pilkades serentak di Ciamis akan digelar pada 15 Agustus 2020 mendatang.

Pemkab Ciamis sendiri belum memutuskan terkait pelaksanaan Pilkades di Ciamis usai dilayangkannya surat keputusan penundaan Pilkades dari Kemendagri.

Bupati Ciamis saat ini tengah dalam perjalanan menuju Kemendagri untuk membahas hal tersebut. Keputusan pelaksanaan Pilkades di Ciamis akan diumumkan besok, Rabu (12/8/2020). (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

6.600 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Ciamis, Vaksinasi 1 Februari 2021

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 6.600 vial vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Ciamis, Rabu (27/1/2021) siang sekitar pukul 12.10 WIB. Vaksin dalam kemasan 4...

Abrasi Sungai Cikaso di Banjarsari Ciamis, Jalan Terancam Longsor

Berita Ciamis, galuh.id - Abrasi sungai Cikaso yang berada di Dusun Wanayasa RT 7 RW 2 Desa Cibadak, Banjarsari Kabupaten Ciamis kembali terjadi. Akibat abrasi...

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya